Pengaruh Pemberian Kotoran Ayam Yang Difermentasi Sebagai Substitusi Pakan Komersial Terhadap Laju Pertumbuhan Konsumsi dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan

Nikmatul Ulfa, - (1997) Pengaruh Pemberian Kotoran Ayam Yang Difermentasi Sebagai Substitusi Pakan Komersial Terhadap Laju Pertumbuhan Konsumsi dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
NIKMATUL ULFA (FKH) 1997.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pene litian ini bertujuan untuk menurunkan kandungan serat kasar yang tinggi pada kotoran ayam dengan cara ferment asi sederhana. mengetahui dosis optimalnya dan mengetahui pengaruh pemberian kotoran ayam yang difermentas i dalam pakan komersial terhadap laju pertumbuhan, konsumsi dan konversi pakan ayam pedaging. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu f ermentasi pada kotoran ayam, digunakan Rancangan Ac ak Lengkap dengan empat perlakuan pemberian ragi tape pada kotoran ayam sebanyak 20 sampel dengan taraf 0%, 2%, 4% dan 6% dan diinkubasi selama tiga hari. Selanjutnya dilakukan analisis proksimat terhadap serat kasar. Setelah diketahui dosis optimal dalam menurunkan kandungan serat kasar, dilanjutkan tahap kedua yaitu perlakuan pada hewan coba, digunakan 20 ekor ayam pedaging jantan strain Lohmann . Penelitian tahap ini digunakan Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan pemberian kotoran ayam yang difermentasi dalam pakan taraf 0%, 5%, 10% dan 15% setelah ayam berumur tiga minggu sampai enam minggu. Hasi l penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa dosis optimal fermentasi dalam menurunkan kandungan serat kasar adalah sebesar 4%. Pada tahap kedua menunjukkan bahwa tidak t erdapat perbedaan yang nyata diantara keempat perlakuan (p>0,05) terhadap laju pertumbuhan dan konversi pakan. tetapi berpengaruh nyata terhadap konsumsi pakan ayam pe dag i ng . Kandungan serat kasar pada pakan perlakuan taraf 5%, 10% dan 15% ternyata dapat diatasi oleh tubuh ayam, s eh ingga kotoran ayam yang difermentasi dalam pakan dapa t d i guna kan peternak ayam pedaging sampai taraf 15% kare na dapat mengurangi biaya pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kotoran ayam; Pakan komersial; Pakan ayam pedaging jantan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nikmatul Ulfa, -NIM069211879
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Nurhajati, -NIDN-
Thesis advisorKismiyati, -NIDN'0008085906
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:54
Last Modified: 31 Mar 2023 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item