Penanganan Insomnia (Shi Mian) Sindrom Defisiensi Jantung- Limpa dengan Terapi Akupunktur Dan Herbal Ekstrak Pegagan (Centello Asiatica (L.] Urban)

Damayanti, Elvira (2012) Penanganan Insomnia (Shi Mian) Sindrom Defisiensi Jantung- Limpa dengan Terapi Akupunktur Dan Herbal Ekstrak Pegagan (Centello Asiatica (L.] Urban). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
KK Damayanti Elvira 2012.pdf

Download (21MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Insomnia merupakan gangguan tidur yang paling senng ditemukan. Insomnia atau gangguan sulit tidur merupakan keadaan seseorang dengan kuantitas dan kualitas tidur yang kurang. Insomnia adalah suatu penyakit gangguan tidur yang mencakup setiap sistem, gangguan pada setiap fungsi, dalam kegelapan, dalam kesunyian, dan kesendirian malam, semua ini disebabkan oleh masalah kecemasan, timbul bersamaan dengan energi yang berlebihan serta dihantui oleh perasaan tidak bersemangat. Dalam kasus ini pasien insomnia disebabkan karena sindroma defisiensi jantung dan limpa. Metode pengobatan akupunktur yang digunakan adalah titik Shenmen HT-7, Taiyang EX.HN-3, Zusanli ST-36, Yinlingquan SP-9, Ganshu BL-18, Pishu BL-20, dan Xinshu BL-15 serta pemberian kapsul ekstrak Pegagan (Centella asiatica [L.] Urban) yang diminum 1 kapsul sebelum tidur. Akupunktur pada kasus ini bertujuan untuk mentonifikasi jantung dan limpa, memperkuat qi dan darah dan memelihara pikiran. Pegagan (Centella asiatica [L.] Urban) merupakan salah satu obat tradisional dengan kandungan brahmoside dan brahminoside, suatu glikosida yang sedatif. Senyawa kimia tersebut bekerja mengakibatkan peningkatan GABA, neurotransmiter yang berperan dalam proses sedatif. Kesimpulan: kombinasi akupunktur dan herbal sangat efektif untuk penyembuhan insomnia terbukti dengan lima kali terapi pasien sudah tidak merasakan insomnianya lagi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Insomnia, (Shi Mian), Sindrom Defisiensi Jantung, Limpa, Terapi Akupunktur, Herbal Ekstrak Pegagan, (Centello Asiatica (L.] Urban)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Damayanti, ElviraNIM.010904023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSuhariningsih, -NIP. 195206271979012001
ContributorSudjarwo, Sri AgusNIP. 195609041984031004
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:27
Last Modified: 31 Mar 2023 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item