Penanganan Menstruasi Tldak Teratur Dengan Menggunakan Ntik Akupunktur Taicbong (L V3), Neiguan Fpc6), Diji (Spa), Siman (Ki4) Serta Herbal Kuntum Bunga Sepatu (Hisbicus Rosa-Sinensis L) Dan Kencur (Keempferia Galangal L).

Bintang Oktanisa, - (2013) Penanganan Menstruasi Tldak Teratur Dengan Menggunakan Ntik Akupunktur Taicbong (L V3), Neiguan Fpc6), Diji (Spa), Siman (Ki4) Serta Herbal Kuntum Bunga Sepatu (Hisbicus Rosa-Sinensis L) Dan Kencur (Keempferia Galangal L). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.PT. 01-15 OKT p.pdf

Download (22MB)
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Menstruasi tidak teratur dapat dialami oleh seluruh wanita Indonesia, studi kasus dilakukan pada pasien dengan keluhan menstruasi tidak teratur, dari segi pert.ama disminorhea sampai demam, badan sering capek, sering pusing, dan mala teras a nyeri, hal ini disebabkan Stagnasi Qi Hati. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perawatan akupunktur dan herbal untuk menstruasi tidak teratur. Titik akupunktur yang digunakan untuk menstruasi tidak teratur adalah Taichong (LV3), Neiguan (PC6), Diji (SP8), Siman (KI4).Terapi irreguler menstruasi, regulasi Qi dan darah. Penusukan pada titik Neiguan berfungsi untuk menenangkan pikiran dan merupakan titik pertemuan antara meredian ginjal dengan meredian Chong dan Re dan untuk regulasi menstruasi. Penusaukan titik Taichong berfungsi untuk digunakan untuk meregulasi Qi Hati, kembang sepatu 7,5 gram, kencur 7,5 gram, dan air 200 ml, direbus dengan dosis sekali minum @ 200 ml. Herbal kuntum bunga kembang sepatu merupakam kontra indikasi untuk wanita sedang hamil, karena menyebabkan aborsi. Terapi di mualai pada tanggal 25 April 2013 sampai 17 mei 2013 dan kemudian di hentikan menstruasi pasien menjadi 9 hari dan keluhan yang lain dirasakan pasien berkurang. Kesimpulan akupunktur dan herbal efektif untuk membantu mengatur menstruasi yang tidak teratur.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.PT. 01-15 OKT p
Uncontrolled Keywords: Menstruasi, Akupunktur Taicbong, Neiguan, Siman
Subjects: R Medicine
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Bintang Oktanisa, -NIM010904017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUKARDIMAN, -NIDN0001096305
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:01
Last Modified: 31 Mar 2023 07:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item