Pengobatan Feline Distemper Dengan Sediaan-Sediaan Corticosteroid dan Antibiotica

Njoman Aju Ratmini, - (1976) Pengobatan Feline Distemper Dengan Sediaan-Sediaan Corticosteroid dan Antibiotica. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
NJOMAN AJU RATMINI 1976.pdf

Download (25MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengobatan feline distemper dengan sediaan-sediaan corticosteroid dan antibiotics, dengan menggunakan 88 ekor binatang percobaan. Data diperoleh dari 2 sumber yaitu dari poliklinik hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga di jalan Setail no. 3 Surabaya dan dari praktek pribadi Dr. R. Agung Pranoto yang dikelompokkan dalam: a. Kelompok kucing yang diberi pengobatan corticosteroid dan antibiotics b. B. Kelompok kucing yang diberi pengobatan corticosteroid c. Kelompok kucing yang diberi pengobatan corticosteroid, antibiotics dan diberi infus cairan fisiologis Selama penelitian didapatkan bahwa semua kucing yang dating untuk pengobatan dengan diagnose feline distemper, menunjukkan gejala anorexis. Dalam penelitian yang telah kami lakukan, pengobatan yang palling efektif adalah sengan kombinasi corticosteroid dan antibiotics disertai pemberian vitamin. Hal mana dapat dilihat dari kecilnya angka kematian pada kelompok kucing yang mendapat pengobatan dengan corticosteroid, antibiotics dan vitamin, kwantits dan kwalitasnya sudah jauh berkurang dibandingkan dengan keadaan sebelum diobati. Dapat pula dilihat bahwa pengobatan dengan hanya antibiotics dan vitamin saja tanpa corticosteroid, kematian kucing cukup tinggi. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa corticosteroid bermanfaat pada pengobatan penyakit feline distemper. Pengobatan penyakit feline distemper akan dapat berhasil baik, apabila gejala-gejala diketauinya sedini mungkin. Bila kucing sudah mengalami dehidrasi yang berat, pengobatan tidak banyak artinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Feline Distemper; Corticosteroid dan Antibiotica
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4905-4959 Animal experimentation. Anti-vivisection
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Njoman Aju Ratmini, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTondohusodo, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:02
Last Modified: 31 Mar 2023 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121498
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item