GAMBARAN LEUKOSIT MENCIT ( MUS MUSCULUS) SETELAH PEMBERIAN SIKLOFOSFAMIO DAN KOMBINASI SIKLOFOSFAMID DENGAN VITAMIN E

Mei Santorini, - (1996) GAMBARAN LEUKOSIT MENCIT ( MUS MUSCULUS) SETELAH PEMBERIAN SIKLOFOSFAMIO DAN KOMBINASI SIKLOFOSFAMID DENGAN VITAMIN E. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
MEI SAPTARINI20230227_13590386_.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya perubahan jumlah leukosit dan hitung jenis leukosit darah mencit akibat pemberian siklofosfamid dan kombinasi siklofosfamid dengan vitamin E selama 35 hari. Mencit jantan se jumlah 30 ekor dan berumur kurang lebih 12 minggu diberi minum dan pakan Par-G bentuk pelet. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan tiga macam perlakuan, setiap perlakuan terdiri dari sepuluh ulangan dan analisa data menggunakan sidik ragam Uji F. Perlakuan yang diberikan sebagai berikut: kelompok kontrol atau Pro (pemberian aquadest steril 0,1 ml peroral menggunakan sonde lambung); kelompok perlakuan kedua atau P1 (pemberian siklofosfamid 0,455 mg peroral menggunakan sonde lambung); kelompok perlakuan ketiga atau P2 (pemberian siklofosfamid 0,455 mg peroral kemudian pemberian vitamin E 9,1 mg peroral keduanya menggunakan sonde lambung). Perlakuan yang diberikan adalah setiap hari seminggu lima kali untuk ketiga perlakuan tersebut. Hasil penelitian adalah menunjukkan bahwa pemberian aquadest steril sebagai kontrol tidak berbeda nyata dengan pemberian siklofosfamid terhadap jumlah leukosit, persentase neutrofil segmented, dan persentase limfosit, tetapi pemberian kombinasi siklofosfamid dengan vitamin E berbeda nyata dengan kedua perlakuan tersebut (P < 0,05). Neutrofil stab dan basofil tidak diketemukan dalam pemeriksaan leukosit baik itu setelah pemberian aquadest steril, siklofosfamid maupun kombinasi siklofosfsmid dengan vitamin E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: leukosit, mencit,siklofosfamid,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Mei Santorini, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDiah Kusumawati, --
ContributorChusan Effendi, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:27
Last Modified: 31 Mar 2023 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item