Penanganan Nyeri Pinggang Dengan Kombinasi Terapi Akupuntur Pada Titik Shenshu (Bl 13) Taixl (Kl3), Chengshan (Bl 57), Sanyinjiao (Sp 6), Dan Pemberian Jus Buah Belimbing (Averrhoa Carambola L), Wortel(Daucus Carota L), Tomat (Solanum Lycopersicum L), Dan Madu

Achmad Teguh Prasetyo, - (2015) Penanganan Nyeri Pinggang Dengan Kombinasi Terapi Akupuntur Pada Titik Shenshu (Bl 13) Taixl (Kl3), Chengshan (Bl 57), Sanyinjiao (Sp 6), Dan Pemberian Jus Buah Belimbing (Averrhoa Carambola L), Wortel(Daucus Carota L), Tomat (Solanum Lycopersicum L), Dan Madu. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.PT. 08-15 PRA P.pdf

Download (22MB)
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri pinggang adalah nyeri di daerah punggung antara sudut bawah kosta (tulang rusuk) sampai lumbosacral. Nyeri juga bisa menjalar ke daerah lain seperti pangkal paha dan lutut. Nyeri pinggang merupakan salah satu gangguan musculoskeletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. Faktor yang menyebabkan teIjadinya nyeri pinggang antara lain: obesitas, trauma, faktor usia, kehamilan, osteoporosis, infeksi, menstruasi, dan kelelahan. Nyeri pinggang digolongkan menjadi dua yaitu nyeri pinggang akut dan nyeri pinggang kronis. Menurut Tradisional Chinese Medicine (TCM) nyeri pinggang tennasuk dalam sindrom ekses jing ginjal. Manifestasi klinik dari nyeri pinggang adanya rasa nyeri yang sering kambuh karena beberapa faktor. Nyeri pinggang dapat menjadi parah ketika bertambahnya usia. Pada studi kasus nyeri pinggang ini, pasien mendapatkan penangan dengan menggunakan metode akupunktur dan nutrisi. Titik yang digunakan adalah shenshu (BL 23), taixi (KI 3), chengshan (BL 57), dan sanyinjiao (SP 6). Sementara untuk terapi nutrisi dengan pemberian buah belimbing, wortel dan tomat yang diolah dalam bentuk jus. Pemilihan buah terse but berdasarkan referensi jurnal penelitian yang menyatakan bahwa buah terse but dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri. Terapi akupunktur dilakukan 12 kali dengan periode 3 kali terapi dalam 1 minggu. Untuk terapi nutrisi diberikan selama 26 hari dalam bentuk jus yang diminum 2 kali sehari pagi dan sore sesudah makan. Hasil studi kasus menunjukkan perubahan pada keluhan utama pasien yaitu nyeri pinggang kronis menurun mulai dari derajat kesakitan level 5 menjadi level 1. Hasil ini teIjadi oleh karena pemilihan titik dan penusukan akpunktur yang tepat serta pemilihan nutrisinya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.PT. 08-15 PRA P
Uncontrolled Keywords: Nyeri Pinggang, Terapi Akupuntur, Shenshu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Teguh Prasetyo, -NIM011210413027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Bambang Poernomo S, drh., MS., -NIDN8818940017
Thesis advisorEdith Frederika Puruhito, S.KM. M.Sc, -NIDN0017127907
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:43
Last Modified: 31 Mar 2023 07:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121512
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item