Pengaruh Pemberian Binahong (Anradera Cordifolia) Terhadap Sel Radang Dan Sel Fibroblast Pada Hematoma Regio Femoris Ventralis Rattus Norvegicus Strain wistar Jantan

Sri Sumartiningsih, - (2009) Pengaruh Pemberian Binahong (Anradera Cordifolia) Terhadap Sel Radang Dan Sel Fibroblast Pada Hematoma Regio Femoris Ventralis Rattus Norvegicus Strain wistar Jantan. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KKA KK TKD 63 11 Sum p .pdf

Download (24MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas fisik khususnya berolahraga, dihadapkan kemungkinan adanya cedera. Cedera olahraga yang biasanya dapat terjadi pada tulang, otot, jaringan bawah kuIit, tendon serta ligamentum. Problem medis olahraga cedera perdarahan dibawah kulit (hematoma) sebesar 5,5% dan cedera pada bagian paha sebesar 9% (Giam 1993, Wibowo 1994). Kebiasaan di kegiatan olahraga bila terjadi cedera disemprot dengan ethyl chlorida dan diberikan obat oral OAINS. Fakta empiris dimasyarakat binahong digunakan sebagai obat penyembuhan luka, tetapi secara ilmiah belum diketahui kebenarannya. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh binahong (anredera cordi/alia) terhadap penurunan jumlah sel radang dan peningkatan jumlah sel fibroblast pada otot regia femoris ventralis. Rancangan penelitian ini menggunakan post test only control group design dengan hewan coba tikus putih (Rattus norvegicus galur wistar) Jantan, umur sekitar 2-3 bulan, sebanyak 30 ekor. Tiga jenis perlakuan yang diberikan adalah 1) pemberian hematoma (tidak diberikan perlakuan), 2) Pemberian hematoma (perlakuan diberikan binahong oral 2,9 mglml), 3) pemberian hematoma (perlakuan diberikan binahong oles 10%). Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, manova, anova dan LSD dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 63-11 Sum p
Uncontrolled Keywords: Binahong, sel
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sri Sumartiningsih, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAbdoel Khamid Iskandar, ==
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Mar 2023 14:46
Last Modified: 31 Mar 2023 14:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item