Pengaruh Masase Teknik Friction Pada Tungkai Setelah Latihan Fisik Submaksimal Terhadap Kecepatan pembuangan laktat darah

Yudik Prasetyo, - (2008) Pengaruh Masase Teknik Friction Pada Tungkai Setelah Latihan Fisik Submaksimal Terhadap Kecepatan pembuangan laktat darah. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KKA KK TKO 24_11. pdf

Download (41MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas fisik yang dilakukan dengan menggunakan intensitas tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar laktat dalam otot maupun darah. Asam laktat timbul pada proses pembakaran di dalam otot yang aktif dan dapat menyebabkan kelelahan. Laktat bisa hilang dengan istirahat, tetapi dengan masase ,proses pengeluaran sisa-sisa pembakaran ke dalam aliran darah dipercepat. Masase mempunyai tiga efek penting yaitu: 1) meningkatkan sirkulasi lokal, 2) meningkatkan cellular permeability (memudahkan laktat keluar dari sel otot), dan 3) mempunyai efek menenangkan pada saraf tepi dan pusat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemulihan masase teknik friction pada tungkai terhadap kecepatan pembuangan laktat otot. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian randomized pretest-posttest control group design.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKO 24-11 Pra p
Uncontrolled Keywords: massage, blood lactate
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kesehatan Olahraga
Creators:
CreatorsNIM
Yudik Prasetyo, -NIM0906100751M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDMartin Setiabudi-
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 31 Mar 2023 15:06
Last Modified: 31 Mar 2023 15:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item