Perbandingan Efektifitas Topikal Serbuk Chitosan Dengan Tulle Pada Sel Pmn, Sel Fibroblas Dan Epitelisasi Luka Full-Thickness

Roziana, - (2010) Perbandingan Efektifitas Topikal Serbuk Chitosan Dengan Tulle Pada Sel Pmn, Sel Fibroblas Dan Epitelisasi Luka Full-Thickness. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KK KKA TKD 16 11 ROZ P_compressed.pdf

Download (12MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyembuhan luka merupakan serangkaian kompleks biologis yang melibatkan sejumlah besar sel, sitokin, faktor pertumbuhan, protease dan komponen ekstraseluler yang berperan dalam restorasi integrasi jaringan yang rusak. Proses penyembuhan luka diperiksa dan digambarkan oleh Schultz sebagai suatu proses yang tumpang tindih melibatkan 5 tahap yang kompleks baik biokimia dan seluler, mencakup proses : hemostasis, inflamasi, migrasi, proliferasi dan maturasi. Pemberian obat secara topikal ditujukan agar penetrasi obat dikulit Iebih cepat dan segera mencapai target. Kegunaan dan khasiat pengobatan secara topikal didapat dari pengaruh fisik dan kimiawi obat yang diaplikasikan diatas kulit yang sakit. Aplikasi klinis chitosan dan tulle pada penyembuhan luka khususnya luka full-thickness telah banyak dilakukan, namun demikian masih belum banyak penelitian yang membandingkan keduanya. Pada penelitian ini yang diamati adalah mengenai gambaran dan jumlah sel PMN, sel fibroblas dan tehal epitel selama masa penyembuhan luka fill-thickness pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus strain Wistar) jantan. Dengan penelitian ini kami ingin mengetahui ada tidaknya perbedaan jumlah sel PMN, jumlah sel fibroblas dan tebal epitel pada luka full-thickness tikus putih (Rattus norvegicus strain Wistar) jantan yang dibandingkan antara pemberian serbuk chitosan dengan tulle.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK KKA TKD 16 11 ROZ P
Uncontrolled Keywords: chitosan, tulle, PMN cells, fibroblasts, the thickness of epithelium
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Roziana, -NIM090810201 M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAri Gunawan, --
Thesis advisorMoch. Wirono Aman S, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 01 Apr 2023 01:17
Last Modified: 01 Apr 2023 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121568
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item