Pengaruh Nikotin Terhadap Kadar Malonildialdehid ( Mda ) Serum Dan Keberhasilan Fertilisasi In Vitro Pada Tikus Putih ( Reams Novergicus )

Sumiati, - (2010) Pengaruh Nikotin Terhadap Kadar Malonildialdehid ( Mda ) Serum Dan Keberhasilan Fertilisasi In Vitro Pada Tikus Putih ( Reams Novergicus ). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KK KKA TKR 05 11 SUM P_compressed.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara konsumen tembakau terbesar di dunia dan menempati urutan ketiga diantara negara-negara dengan tingkat agregat konsumsi tembakau tertinggi di dunia. Salah satu kandungan tembakau adalah nikotin. Nikotin bersifat pro-oksidan. Stres oksidatif akan menyebabkan peroksidasi lipid dengan produk yang dihasilkan adalah MDA, jika terjadi terus-menerus maka akan merusak mitokondria dan DNA. Kerusakan DNA pada oosit akan menyebabkan kelainan ekspresi gen zona pelusida. Kelainan ekspresi gen zona pelusida menyebabkan komponennya tidak bisa diakses oleh sperma sehingga tidak terjadi fertilisasi. Penelitian ini untuk mempelajari pengaruh nikotin terhadap kadar MDA serum dan keberhasilan fertilisasi in vitro pada Ratus novergicus. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental dengan post test only control group design. Subjek penelitian terdiri dari 4 kelompok (36 ekor tikus) yang dipilih secara acak dan homogen. Kelompok penelitian terdiri dari kelompok kontrol (KO), kelompok perlakuan yang diberikan injeksi nikotin subkutan selama 7 hari dengan dosis 70 mg/Kg BB (K1), 52,5 mg/kgBB (K2) dan 35 mg/kgBB (K3). Hasil yang diamati adalah adanya badan polar II/sigot 2 sel. Hasil uji one way Anova adalah terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik (p<0,05), kemudian dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil uji BNT kadar MDA serum adalah terdapat perbedaan yang bermakna (p<0,05) antara K1 dan KO, K1 dan K2, K1 dan K3 serta K2 dan KO. Anglca keberhasilan fertilisasi tidak dapat dilakukan uji statistik karena seluruh data menunjukkan 100% berhasil. Dengan demikian tidak dapat dilakukan uji hubungan antara kadar MDA serum dengan angka keberhasilan fertilisasi. Kesimpulan penelitian ini adalah nikotin dapat menyebabkan peningkatan kadar MDA serum tapi belum dapat mempengaruhi fertilisasi sehingga sehingga tidak dapat menghubungkan antara kadar MDA serum dengan angka keberhasilan fertilisasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK KKA TKR 05 11 SUM P
Uncontrolled Keywords: nikotin, kadar MDA serum, angka keberhasilan fertilisasi.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sumiati, -NIM090810546M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendy Hendarto, --
Thesis advisorBudi Utomo, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 02 Apr 2023 03:36
Last Modified: 02 Apr 2023 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item