Perbedaan Efektivitas Ant Ra Suspensi Biji Pepaya (Carica Papaya) Dengam Levamisol Sebagai Anthelmintik Pada Infeksi Caci G Nematoda Saluran Pencernaan Domba

Gunawan, - (1992) Perbedaan Efektivitas Ant Ra Suspensi Biji Pepaya (Carica Papaya) Dengam Levamisol Sebagai Anthelmintik Pada Infeksi Caci G Nematoda Saluran Pencernaan Domba. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
GUNAWA 1992.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguJl sampai seberapa jauh efektivitas pemberian biji pepaya dalam bentuk sediaan suspensi pada berbagai dosis dibandingkan dengan levamisol, terhadap infeksi cacing nematoda saluran pencernaan domba. Sejumlah 25 ekor domba jantan ekor gemuk berumur enam sampai delapan bulan, yang terinfeksi oleh c acing nematoda saluran pencernaan, diberi perlakuan pengobatan dengan biji pepaya dosis 3,6 gram, 7,2 gram, 10,8 gram dalam bentuk suspensi 100 ml, levamisol dosis terapi (8 mg/kg berat badan) dan kontrol infeksi tanpa pengobatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian biji pepaya dalam bentuk suspensi ternyata cukup efektif dalam menurunkan jumlah Telur Cacing Per Gram Tinja (TCPGT) dari cacing nematoda saluran pencernaan domba, tetapi apabila dibandingkan dengan levamisol efektivitasnya masih lebih rendah. Dengan demikian suspensi biji pepaya dapat digunakan sebagai obat cacing nematoda saluran pencernaan domba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ant Ra Suspensi Biji Pepaya, (Carica Papaya), Levamisol, Anthelmintik
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Gunawan, -NIM068711313
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti, -NIDN0017055202
Thesis advisorHermawan Koeswadji, --
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 02 Apr 2023 03:51
Last Modified: 02 Apr 2023 03:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item