Pengaruh Pengasapan Rokok Kretek Tanpa Filter, Rokok Kretek Berfilter dan Rokok Putih Berfilter Secara Pasif Terhadap Spermatogenesis Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Risqa Novita, - (2001) Pengaruh Pengasapan Rokok Kretek Tanpa Filter, Rokok Kretek Berfilter dan Rokok Putih Berfilter Secara Pasif Terhadap Spermatogenesis Tikus Putih (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
NOVITA RISQA 2001.pdf

Download (16MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengarub pengasapan rokok yang diberikan secara pasif terhadap spermatogenesis tikus putih (Rattus norvegicus) dengan mengamati gambaran bistologi testis dan untuk mengetahui rokok dari jenis apa yang lebih berpengarub terhadap penurunan jumlah sel spennatogenik.Sejumlah 24 ekor tikus putih strain Wistar berumur tiga bulan dengan berat badan antara 140-145 gram Tikus putih diadaptasikan kemudian dibagi secara acak menjadi empat perlakuan dan enam ulangan. Pl diberikan pengasapan rokok kretek tanpa filter, P2 diberikan rokok kretek berfilter dan P3 diberikan rokok putib berfilter. SedangkaN sebagai kontrol (PO) tidak wberikan perlakuan pengasapan rokok. Dosis yang dberikan pada tiap-tiap perlakuan adalah dua batang rokok per hari selama 30 hari.Peubah yang diamati adalah jumlah sel spermatogonia, jumlah sel spermatosit primer, jumlah sel spermatid dan jumlah sel spermatozoa Disain percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data dianalisis menggunakan sidik ragam, hila terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNf) 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasapan rokok secara pasiftidak menyebabkan penurunan jumlah sel spermatogonium (p>0,05), tetapi menyebabkan penurunan jumlah sel spermatosit primer, sel spermatid dan sel spermatozoa bila dibandingkan kontrol (p<0,05), setelah diuji BNf 5 % menunjukkan ada perbedaan yang nyata antara kelompok perlakuan dengan kontrol, tetapi tidak terdapat perbedaan antar kelompok perlakuan. Kesimpulan yang didapat bahwa pengasapan rokok secara pasif berpeogaruh terhadap spermatogenesis tikus putih yang ditandai dengan penurunanjumlah sel spermatogenik dan tidak terdapat perbedaanjumlah sel spermatogenik pada masing-masingjenis rokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rokok Kretek Tanpa Filter; Rokok Kretek Berfilter; Rokok Putih Berfilter; Spermatogenesis Tikus Putih (Rattus norvegicus)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Risqa Novita, -NIM069612273
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidjiati, -NIDN0015046204
Thesis advisorDjoko Galiono, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:54
Last Modified: 03 Apr 2023 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item