Efektifitas Latihan Napas Buteyko Dibanding Upper Body Exercise Terhadap Arus Puncak Ekspirasi Pada Pasien Dengan Asma Bronkial Di Yayasan Asma Sidoarjo

Fawas Murtadho Santoso, - (2014) Efektifitas Latihan Napas Buteyko Dibanding Upper Body Exercise Terhadap Arus Puncak Ekspirasi Pada Pasien Dengan Asma Bronkial Di Yayasan Asma Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Fawas Murtadho Santoso_131211123008.pdf

Download (5MB)
Official URL: http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Asma merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat, berdasarkan data World Health Organization tahun 2006, sebanyak 300 juta penderita asma dan 225 ribu penderita meninggal karena asma diseluruh dunia. Pasien asma sering kali menggunakan senam asma, yoga pranayama, napas dalam, buteyko dan upper body exercise sebagai cara untuk membantu mengurangi asma. Efektifitas masing-masing latihan tersebut untuk meningkatkan kapasitas ekspirasi paru belum diketahui. Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen pre-post test design. Populasi terdiri dari 21 orang terbagi atas 9 orang masing-masing perlakuan latihan pernapasan buteyko dan upper body exercise. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel independen latihan buteyko dan upper body exercise, variabel dependen arus puncak ekspirasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi arus puncak ekspirasi menggunakan peak flow meter. Pengolahan data menggunakan uji T dengan signifikasi <0,05 dan untuk perbandingan kedua teknik menggunakan uji independen T dengan signifikasi <0,05. Hasil analisa uji T diperoleh p= 0,000 (<0,05) yang berarti ada hubungan kedua teknik pada peningkatan APE asma bronkial, dan uji T independen diperoleh p=0,078 (>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan antara kedua teknik dalam peningkatan APE asma bronkial. Kesimpulan bahwa latihan pernapasan buteyko dan upper body exercise memiliki fungsi yang tidak berbeda dalam meningkatkan nilai arus puncak ekspirasi pada pasien asma bronkial. Penderita dapat menggunakan salah satu atau kedua teknik latihan pernapasan, karena memiliki efektifitas yang sama untuk meningkatkan arus puncak ekspirasi dalam membantu proses pencegahan asma bronkial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N San e
Uncontrolled Keywords: Buteyko, upper body exercise, peak expiratory flow, bronchial asthma
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Fawas Murtadho Santoso, -NIM131211123008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHarmayetty, -NIDN0010047002
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:51
Last Modified: 03 Apr 2023 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item