Hubungan Persepsi Tentang Profesi Perawat Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Fayadita Mahdia Izzati, - (2013) Hubungan Persepsi Tentang Profesi Perawat Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Fayadita Mahidia Izzati_130915071.pdf

Download (3MB)
Official URL: http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Persepsi baik terhadap perawat dapat membantu terbentuknya keinginan berkarir sebagai perawat. Keinginan berkarir sebagai perawat dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar guna membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga akan menjadi lulusan perawatan yang profesional dengan prestasi akademik yang baik pula. Penelitian ini akan menganalisis hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi perawat dengan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebesar 180 mahasiswa yang terdiri dari 60 mahasiswa angkatan 2009, 59 mahasiswa angkatan 2010, dan 61 mahasiswa angkatan 2011 pada Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman rho dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi tentang profesi perawat dengan prestasi akademik pada angkatan 2009 dan 2010 namun terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi mahasiswa tentang profesi perawat dengan prestasi akademik pada mahasiswa angkatan 2011 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi baik tentang profesi sangat penting dan persepsi yang baik ini juga harus ditunjang dengan motivasi untuk berprestasi secara akademik. Diharapkan dari motivasi berprestasi yang tinggi, mahasiswa Fakultas Keperawatan dapat bersaing didunia kerja karena banyaknya stakeholder yang mensyaratkan IPK minimal 3,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N Izz h
Uncontrolled Keywords: Perception, Nursing profession, Academic achievement
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Fayadita Mahdia Izzati, -NIM130915071
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorMira Triharini, -NIDN0024047905
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:01
Last Modified: 03 Apr 2023 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item