Lama Hidup Spermatozoa Ayam Buras Pada Beberapa Kadar Glukosa Dalam Pengencer Larutan Ringer,Locke,Tyrooe, Dan Kombinasinya Dengan Kuning Telur

Wahjuni, - (1994) Lama Hidup Spermatozoa Ayam Buras Pada Beberapa Kadar Glukosa Dalam Pengencer Larutan Ringer,Locke,Tyrooe, Dan Kombinasinya Dengan Kuning Telur. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
WAHJUNI (FKH) 1994.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama hidup spermatoioa ayam buras pada beberapa kadar glukosa dalam pengencer larutan Ringer,Locke,Tyrode dan kombinasinya dengan kuning .telur. Sejumlah 72 sampel air mani yang ditampung berasal dari empat ekor ayam buras jantan umur satu sampai satu setengah tahun dengan kriteria tertentu. Air mani tersebut diperiksa secara makroskopik dan mikroskopik, kemudian ditambahkan pengencer dan disimpan pada suhu 4 - 5 derajat celsius. Pemeriksaan selama penyimpanan dilakukan dua kali sehari dengan interval waktu yang sama yang ditekankan pada motilitas, hidup dan matinya spermatozoa. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan split plot dengan rancangan acak kelompok yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok A terdiri dari pengencer RKT (At), LKT (Az) dan TKT (A3). Kelompok B terdiri dari penambahan kadar glukosa 0% (Bt), 1% (Bz), 2% (B3) dan 3% (B4). Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar glukosa dalam pengencer RKT, LKT dan TKT mempunyai pengaruh terhadap lama hidup spermatozoa ayam yang dapat meningkatkan daya hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spermatozoa
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Wahjuni, -NIM068711364
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHardijanto, --
UNSPECIFIEDGarry C.de Vries, --
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:45
Last Modified: 03 Apr 2023 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item