Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Perawat Dalam Pelaksanaan Cuci Tangan Di Ruang Icu Dan Nicu Rsud Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan

EKO SETIA NINGSIH, - (2012) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Perawat Dalam Pelaksanaan Cuci Tangan Di Ruang Icu Dan Nicu Rsud Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Eko Setia Ningsih_131011199_compressed_compressed.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

1. Pelaksanaan perilaku cuci tangan perawat sesuai five moment for hand hygiene di ruang ICU dan NICU RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan sebagian besar dalam kategori cukup. 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan cuci tangan sesuai five moment for hand hygiene di ruang ICU dan NICU RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan dimana Sebagian besar masuk kategori cukup. Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk perilaku seseorang. 3. Tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap perawat dengan pelaksanaan cuci tangan sesuai five moment for hand hygiene dimana mayoritas responden memiliki sikap positif terhadap perilaku cuci tangan. Seseorang yang memiliki sikap yang positif terhadap pekerjaannya, maka akan berperilaku yang baik terhadap pekerjaannya dan kinerjanya akan baik pula. 4. Tidak terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan pelaksanaan cuci tangan, dimana tindakan cuci tangan dalam hal ini masuk kategori lengkap dan tersedia diruangan, tinggal komitmen perawat untuk menggunakannya sesuai dengan indikasi five moment for hand hygiene diruangan. 5. Faktor yang paling mempengaruhi dalam pelaksanaan cuci tangan sesuai five moment for hand hygiene adalah pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Knowledge, attitude, supporting facilities, and hand washing behavior
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Keperawatan Maternitas & Anak
Creators:
CreatorsNIM
EKO SETIA NINGSIH, -NIM131011199
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorElida Ulfiana, --
ContributorEka Misbahatul, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:45
Last Modified: 03 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item