PERBANDINGAN LAMA WAKTU KESEMBUHAN LUKA INFEKSI Staphylococcus aureus DENGAN PEMBERlAN MADU, OKSITETRASIKLIN DAN SULFANILAMIDE SECARA TOPIKAL PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

ISWAN HARYANTO (1999) PERBANDINGAN LAMA WAKTU KESEMBUHAN LUKA INFEKSI Staphylococcus aureus DENGAN PEMBERlAN MADU, OKSITETRASIKLIN DAN SULFANILAMIDE SECARA TOPIKAL PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULL TEXT)
ISWAN HARYANTO.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan 68 ekor tikus putih betina dengan umur ± 3 bulan, kemudian dibagi menjadi dua yaitu 36 ekor untuk penentuan dosis pengeneeran terendah dari kuman yang menginfeksi 100% tikus dan 32 ekor terdiri dari empat perlakuan dengan delapan ulangan. lnfeksi buatan dilakukan dengan menginsisi sepanjang ± 1 em dengan kedalaman hingga mencapai m. Longissimus dorsi, kemudian menginokulasikan kuman Staphylococcus aureus sesuai dengan dosis pengenceran yang telah dilakukan sebelumnya, sebanyak satu tetes pipet pasteur (0,05 cc). Setelah timbul gejala klinik berupa kebengkakan disertai nanah yang berwarna kekuningan pada luka kemudian dilakukan perlakuan. Perlakuan A luka dibiarkan tanpa diobati, perlakuan B luka diobati dengan madu, perlakuan C luka diobati dengan Oksitetrasiklin, perlakuan 0 luka diobati dengan Sulfanilamide. Pengobatan dilakukan tiga kali sehari (dengan interval ± 8 jam) sampai sembuh. Pengamatan dilakukan sa at melakukan pengobatan. Desain yang digunakan adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) yang terbagi menjadi empat perlakuan dan delapan ulangan. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan sidik ragam kemudian jika terdapat pengaruh dilanjutkan dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil percobaan menunjukkan perbedaan yang sangat nyata diantara keempat kelompok perlakuan (P< 0,01) dengan lama waktu kesembuhan luka infeksi pad a perlakuan A adalah 12,87 ± 1,4577 hari, perlakuan B 3,62 ± 0,5174 hari, perlakuan C 7,12 ± 0,7439 hari dan perlakuan 0 8,50± 1,069. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlakuan B menunjukkan waktu kesembuhan yang paling cepat diantara ketiga perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ISWAN HARYANTO069412121
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAnita Asali, M.S.,Drh.UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDDr. Ir. Hari Suprapto, M.AgrUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:35
Last Modified: 03 Apr 2023 05:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item