Pemanfaatan Tanaman Patikan Kebo Untuk Pengobatan Penyakit Berak Berdarah Pada Ayam Ditinjau Dari Skor Perlukaan Sekum Dan Pertambahan Berat Badan

Catur Budi Jatmiko, - (1998) Pemanfaatan Tanaman Patikan Kebo Untuk Pengobatan Penyakit Berak Berdarah Pada Ayam Ditinjau Dari Skor Perlukaan Sekum Dan Pertambahan Berat Badan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
JATMIKO CATUR BUDI 1998_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat Tanaman Patikan Kebo (Euphorbia hirta L) untuk pengobatan penyakit berak darah (koksidiosis sekum) pada ayam ditinjau dari skor perlukaan sekum dan pertambahan berat badan. Sejumlah 36 ayam pedaging jantan jenis Hubbard dipersiapkan sebagai hewan coba. Selama masa penelitian ayam diberi pakan ayam komersial tanpa koksidiostat. Pada waktu ayam berumur 21 hari diinfeksi secara per oral dengan 5000 ookista Eimeria tenella galur lokal yang telah bersporulasi. Pengobatan dilakukan selama tujuh hari secara per oral mulai 12 jam pasca infeksi. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan swnber keragaman berupa bentuk sediaan Tanaman Patikan Kebo yang terdiri atas 4 perlakuan yaitu : tanpa pengobatan, pengobatan dengan bentuk sediaan perasan, infusa dan ekstrak. Variabel yangdiamati yaitu : nilai (skor) perlukaan usus buntu (sekum) dan pertambahan berat badan. Data skor perlukaan sekum diuji dengan menggunakan Kruskal Walllis dan pertambahan berat badan diuji dengan Analisis Varians. Hasil penelitian menw1jukkan bahwa pada kelompok perlakuanpengobatan Patikan Kebo dalam bentuk sediaan perasan (PI), infusa (PII) dan ekstrak (Pill) terdapat perbedaan yang nyata j ika dibandingkan dengan tanpa pengobatan (PO) (p<0,05), tetapi antara bentuk sediaan (perasan, infusa dan ekstrak) tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05), terhadap skor perlukaan sekum dan pertambahan berat badan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanaman Patikan Kebo
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Catur Budi Jatmiko, -NIM069312007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorEndang Suprihati, -NIDN0021105804
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:38
Last Modified: 03 Apr 2023 05:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item