Pengaruh Penambahan Vitamin A Terhadap Pengobatan Koksidiosis Sekum Ayam

Daniel, - (1992) Pengaruh Penambahan Vitamin A Terhadap Pengobatan Koksidiosis Sekum Ayam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
DANIEL PENGARUH VITAMIN A TERHADAP PENGOBATAN.pdf

Download (21MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujusan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penambahan vitamin A yang diberikan Bersama Koksidiostat dalam membantu proses penyembuhan pada pengobatan Koksidiosis sekum ayam. Penelitian ini menggunakan 50 ekor ayam pedaging yang dibagi lima kelompok. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan analisis Uji Kruskall · Wallis dimana tingkat kerusakan sekum tersebut diolah dengan penilaian peringkat (Rank). Data yang diperoleh diselesaikan dengan hitungan analisis statistik untuk. mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan dari tiap perlakuan tersebut. Apabila ada perbedaan dilanjutkan dengan Uji Pasangan Berganda. Ada lima perlakuan dan 10 kali ulangan. Satuan-satuan penelitian .tersebut terdiri dari lima kelompok yaitu, kelompok satu sebagai kontrol diinokulasi 10.000 Ookista tanpa pengobatan, kelompok dua diinokulasi 10.000 Ookista kemudian diterapi dengan Koksidiostat, kelompok tiga diinokulasi 10.000 Ookista kemudian diterapi dengan kombinasi Koksidiostat dan vitamin A 15.000 IU, kelompok empat diinokulasi 10.000 Ookista kemudian diterapi dengan kombinasi Koksidiostat dan vitamin A 20.000 IU, kelompok lima diinokulasi 10.000 Ookista kemudian diterapi dengan kombinasi Koksidiostat dan vitamin A 25.000 IU. Inokulasi Ookista dilakukan satu kali dan ayam dipotong pada hari .kesepuluh setelah infeksi. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata antara kelompok satu, dua dan tiga. Sedangkan kelompok satu, dua dari tiga tersebut sangat berbeda nyata dengan kelompok empat dan lima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vitamin A, Koksidiosis Sekum Ayam
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.9 Veterinary epidemiology. Epizootiology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Daniel, -NIM068611191
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNunuk Dyah, --
ContributorKusnoto, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:28
Last Modified: 03 Apr 2023 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item