Penerapan Lintas Diare (Nasihat Orang Tua) Terhadap Perilaku Pemberian Tablet Zinc Pada Anak Yang Mengalami Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Menur Kota Surabaya

Ari Kusumandani (2013) Penerapan Lintas Diare (Nasihat Orang Tua) Terhadap Perilaku Pemberian Tablet Zinc Pada Anak Yang Mengalami Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Menur Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Ari Kusumandani_130915048.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan anak balita di negara berkembang khususnya di Indonesia. Salah satu faktor penyebab terjadinya diare pada anak adalah kurangnya pengetahuan orang tua dalam penanganan awal diare terkait pemberian tablet zinc, hal ini yang menyebabkan program lintas diare belum optimal. Pemberian tablet zinc harus tetap dilanjutkan meskipun diare sudah berhenti untuk mencegah kejadian diare berulang. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari perilaku orang tua dalam pemberian tablet zinc pada anak diare dengan pemberian nasihat pada orang tua melalui program lintas diare yang disampaikan dengan media booklet. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain postest only control group. Variabel independen penelitian ini adalah lintas diare (nasihat orang tua), variabel dependennya adalah perilaku pemberian tablet zinc. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dengan anak balita yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Menur dengan sampel sebanyak 14 responden yang diperoleh dengan menggunakan consecutive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji statistik Mann Whitney U Test untuk menganalisis data dengan nilai p<0,005. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan lintas diare (nasihat orang tua) terhadap perilaku orang tua dalam pemberian tablet zinc. Perilaku orang tua terbagi menjadi tiga variabel yaitu tingkat pengetahuan menunjukkan p=0.002, sikap menunjukkan p=0,002 dan tindakan p=0,001. Kesimpulan bahwa penerapan lintas diare dengan media booklet sangat efektif untuk perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan orang tua dalam merawat anak diare yang ditunjukkan dengan perilaku positif. Bagi masyarakat khususnya orang tua disarankan untuk mematuhi pemberian tablet zinc yang bermanfaat mencegah kejadian diare berulang pada balita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: diare, lintas diare, tablet zinc, perilaku orang tua
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ari KusumandaniNIM130915048
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHarmayettyNIDN0010047002
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:46
Last Modified: 03 Apr 2023 06:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item