Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Buku Cerita Kontemporer Terhadap Perilaku Peran Seks Pada Anak Sekolah (Usia 9-10 Tahun) Di SDN Kendangsari III/278 Surabaya: Penelitian Pra Experimental

Aries Chandra Ananditha (2008) Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Buku Cerita Kontemporer Terhadap Perilaku Peran Seks Pada Anak Sekolah (Usia 9-10 Tahun) Di SDN Kendangsari III/278 Surabaya: Penelitian Pra Experimental. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Aries Chandra Ananditha_010410768 B.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu tugas perkembangan anak sekolah adalah belajar memerankan peran seks yang sesuai. Dalam proses tersebut akan muncul suatu perilaku stereotip. Stereotip yang mendasari perilaku peran seks pada anak usia sekolah kebanyakan masih bersifat tradisional. Akibatnya anak cenderung untuk mendiskriminasikan lawan jenisnya, sehingga pada pembelajaran tentang peran seks diperlukan pendidikan yang benar sejak dini dari orang tua sesuai dengan perkembangan anak. Proses pengenalan peran seks bisa dilakukan melalui bacaan atau buku cerita anak-anak yang kontemporer (modern). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita kontemporer terhadap perilaku peran seks pada anak sekolah (usia 9-10 tahun) di SDN Kendangsari III/278 Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperiment One-Group PraTest-Posttest Design. Total sampel sebanyak 39 anak sekolah yang berusia 9-10 tahun. Variabel independen adalah pembelajaran dengan media buku cerita kontemporer dan variabel dependen adalah perilaku peran seks pada anak sekolah (usia 9-10 tahun). Data dianalisa dengan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan tingkat signifikansi α < 0,05. Hasil analisa statistik dengan Wilcoxon Signed Ranked Test menunjukkan ada pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita kontemporer terhadap perilaku peran seks yaitu pengetahuan dengan nilai p = 0,000 ; sikap dengan nilai p = 0,000 ; dan tindakan dengan guru sebagai observer nilai p = 0,000 dan menurut orang tua dengan nilai p=0,000. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media buku cerita kontemporer dapat menjadi sarana dalam mengubah perilaku peran seks pada anak sekolah (usia 9-10 tahun). Penelitian lebih lanjut diperlukan dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan penggunaan instrumen yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, buku cerita kontemporer, perilaku, peran seks
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Aries Chandra AnandithaNIM010410768 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDYuni Sufyanti AriefNIDN0006067802
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:03
Last Modified: 03 Apr 2023 07:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item