Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pengguna Media Sosial

Ike Herdiana, NIDN. 0022057505 (2021) Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pengguna Media Sosial. Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pengguna Media Sosial, 01 (02). pp. 1379-1387. ISSN 2776-1851

[img] Text (Artikel)
20. Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pengguna Media Sosial.pdf

Download (753kB)
[img] Text (Bukti Korespondensi)
Korespondensi_Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan.pdf

Download (170kB)
[img] Text (Penilaian Kulalitas Karil)
19 Hubungan Sikap Terhadap Informasi Terkait Covid-19 Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pengguna Media Sosial .pdf

Download (438kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/BRPKM/article/view/2...

Abstract

Melimpahnya informasi saat krisis berpotensi menyebabkan individu untuk berperilaku apapun yang dianggap tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sikap terhadap informasi terkait COVID-19 dengan kecenderungan perilaku prososial pada dewasa awal pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini merupakan dewasa awal (18-40 tahun) pengguna media sosial. Sampel yang didapatkan dengan teknik voluntary sampling sebanyak 375 responden; 277 perempuan dan 98 laki-laki. Data dikumpulkan dengan teknik survei daring menggunakan skala sikap informasi COVID-19 dan Prosocial Tendencies Measurement. Uji korelasi dengan Pearson’s Product Moment menunjukkan hubungan positif dan sedang antara sikap informasi COVID-19 dengan dimensi altruism (r(375)=.557; p<.001), compliant (r(375)=.564; p<.001), emotional (r(375)=.571; p<.001), public (r(375)=.54; p<.001), dan dire (r(375)=.563; p<.001), dan berkorelasi positif dan lemah pada dimensi anonymous (r(375)=.349; p<.001). Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan sikap positif pengguna media sosial terhadap penyebaran informasi seputar krisis dapat menggerakkan perilaku kolektif.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Ike Herdiana, NIDN. 0022057505UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Nur Qomari
Date Deposited: 05 Apr 2023 00:13
Last Modified: 05 Apr 2023 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item