Perbandingan Pemberian Propofol Dan Thiopental Sebagai Anestetika Umum pada Anjing Terhadap Kecepatan Induksi, Lama Anestesi Dan Waktu Pulih

Sri Sulis Iriantari (1994) Perbandingan Pemberian Propofol Dan Thiopental Sebagai Anestetika Umum pada Anjing Terhadap Kecepatan Induksi, Lama Anestesi Dan Waktu Pulih. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
SRI SULIS IRIANTARI (FKH) 1994.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perbandingan pemberian propofol dan thiopental sebagai anestetika umum pada anjing betide terhadap keoepatan induksi, lama anestesi clan kecepatan wakLu pullh. (Di bawah bi brogan Iwan Willyanto sebagai pembimbing I dan Mustandi Surjoatmodjo sebagai pembinbing II). Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan serta mengetahui pengaruh pemberian propofol dan thiopental sebagai anestetika umum terhadap kecepatan induksi, lama anestesi dan kecepatan waktu pulihnya pada anjing betina guns mengetahui jenis obat-obat anestesi yang relatif aman, praktis dan efisien. Dalam penelitian ini digunakan enam ekor anjing. Anjing-anjing yang akan dianestesi dipuasakan terlebih dahulu kemudian dilakukan pen imbangan berat badan untuk menentukan besarriya dosis yang harus diberikan. Pertama anjing dianestesi dengan propofol dan diamati kecepatan induksi, lama anestesi dan waktu pulihnya. Anjing diistirahatkan selama tiga hari, kemudian diberi perlakuan ke due yaitu pemberian anestetika thiopental dan diamati kecepatan induksi, lama anestesi dan waktu pulihnya serta gejala simtomatiknya yang timbal. Rancangan peroobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap, analisis statistic yang digunakan adalah uli Hasil penelitian menunjukkan bahwa induksi Propofol lebih oepat dari pada induksi Thiopental (p < 0.01). Rata-rata kecepatan induksi antara Propofol dan Thiopental cueing-masing 37.5 detik dan 45.7 detik. Induksi Propofol lebih lembut dan babas dari eksitasi dibanding Thiopental. Lama anestesi Propofol mempunyai kerja yang sama dengan Thiopental (p ' 0.05) dengan tingkat analgesik yang minimal. Rata-rata lama anestesi antara Propofol dan Thiopental masing-casing 46 detik dan 61 detik. Waktu pulih Propofol lebih cepat dibandingkan Thiopental (p < 0.01) dengan rata-rata waktu pulih untuk Propofol 14.15 rienit dan. untuk Thiopental 45.20 merit. Kualitas pemulih¬an Propofol lebih baik dari Thiopental dengan koordinasi dan kondisi tubuh yang cepat kembali ke normal tanpa ada perpanjangan faze sedatif sesudah anestesi berakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Propofol, Thiopental, Anestesi, Induksi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF421-440.2 Dogs. Dog racing
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sri Sulis IriantariNIM068911568
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIwan WilyantoNIDN-
Thesis advisorMustahdiNIDN-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:25
Last Modified: 04 Apr 2023 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item