PENGARUH PEMBERIAN SURAMIN DAN ISOMETAMIDIN CHLORIDE TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS LIMPA TIKUS PUTIH YANG DIINFEKSI T EVANSI ISOLAT BANYUWANGI

ISMAIL, - (1996) PENGARUH PEMBERIAN SURAMIN DAN ISOMETAMIDIN CHLORIDE TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS LIMPA TIKUS PUTIH YANG DIINFEKSI T EVANSI ISOLAT BANYUWANGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Full Text)
Ismail_Pengaruh Pemberian Suramin dan Isometamidin_FKH_1996_068811473_compressed.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peniaruh pemberian Suramin denian Isometamidium chloride terhadap gambaran histopatologis limpa tikus putih yang diinfekai T. evtms1 iaolat Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan 30 ekor tikus putih jantan dengan berat badan ± 200 gram, berumur tiga bulan. Setelah diadaptaaikan 5 selama satu minggu, tikus putih teraebut diinfekai 10 T. evans1 isolat Banyuwangi. Kelompok I Ckontrol) tanpa diberi pengobatan anti surra, kelompok II, diberi Iaometamidium chloride dengan doaia 4 mg/kg berat b~dan dan kelompok III diberi Suramin dengan doaia 10 mg/kg BE, kedua obat tersebut diberikan secara intra-muakuler (IH). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap CRAL). Hasil penelitian menunjukkan, dengan uji Kruskal Wallis, baik pada peubah proliferasi pulpa . merah maupun pulpa putih terdapat perbedaan sangat nyata . (p<O,Ol). Setelah dilakukan uji Paaangan Berganda, diperoleh pada peubah proliferaai pulpa merah, perlakuan I terjadi proliferasi lebih berat daripada perlakuan III (p<O.Ol) dan dengan perlakuan II (p<0,05). Tetapi antara perlakuan II da'n III tidak terdapat perbedaan (p>0,05). Untuk peubah proliferasi pulpa putih, perlakuan I terjadi proliferaai lebih berat daripada perlakuan III (p<O,Ol) dan tidak berbeda (p>0,05) dengan perlakuan II, juga antara perlakuan II dan III tidak terdapat perbedaan C p>O, 05 >. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pemberian Suramin dan Isometamidium chloride memberikan reapon terhadap T. evans1 iaolat Banyuwangi, aehingga limpa tikus putih yang diobati dengan kedua obat tersebut proliferaai pulpa putih dan merah lebih kecil daripada limpa tikus putih tanpa diobati . . Tidak terdapat perbedaan pengaruh aritara suramin dan Isometamidium chloride terhadap proliferasi pulpa putih dan merah limpa tikus putih yang diinfeksi T. evans1 .1aolat Banyuwangi. Dengan demikian Isometamidium chloride dapat digunakan sebagai obat alternatif selain Suramin terhadap surra."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SURAMIN, ISOMETAMIDIN CHLORIDE, HISTOPATOLOGIS, INFEKSI
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Creators:
CreatorsNIM
ISMAIL, -068811473
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:20
Last Modified: 04 Apr 2023 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item