Pengaruh Latihan Pliometrik Berbentuk "Horizontal Swing" Berbeban Dambel Sebanyak 3 Set Dan 5 Set Terhadap Kecepatan Memukul Dan Waktu Reaksi

Slamet, - (2001) Pengaruh Latihan Pliometrik Berbentuk "Horizontal Swing" Berbeban Dambel Sebanyak 3 Set Dan 5 Set Terhadap Kecepatan Memukul Dan Waktu Reaksi. Masters thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKO 07-01 Sla p.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas fisik yang bersifat dasar seperti kekuatan kecepatan dan daya tahan dapat ditingkatkan melalui latihan. Pliometrik merupakan bentuk latihan yang dapat meningkatkan kekuatan, kecepatan dan reaksi otot surur. Ibentuk latihan pliometrik ada yang berbeban seperti latihan horizontal swing berbeban dambel yang dalam pelaksanaannya dapat dilakukan 3 set sampai 6 set. Tujuan penelitian ini adalah unluk mengetahui pengaruh latihan pliometrik berbentuk horizontal swing berbeban dambel sebanyak 3 set dan 5 set, serta perbedaan pengaruh di antara keduanya terhadap kecepatan memukul dan waktu reaksi. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Prestest-Postst Control Group Design. Penelitian menggunakan 90 orang mahasiswa FIK UNlMED (berusia 18 sampai dengan 20 tahun) sebagai subyek penelitian. Setelah dilakukan pretest lalu dilakukan pairing sehingga diperoleh 3 kelompok @ 30 orang dan dilanjutkan dengan penentuan kelompok secara acak sehingga diperoleh 2 kelompok perlakuan yaitu kelompok yang diberi latihan horizontal swing berbeban dambel sebanyak 3 set dan kelompok yang diberi latihan hori:ontal swing berbeban dambel sebanyak 5 set, serta 1 kelompok kontrol yang tanpa perlakuan. Berat beban dambel 7 kg. Pelatihan dilaksanakan selama 6 minggu, frekwensi latihan per minggu 3 kali. Sebelum pelatihan dimulai subyek diukur berat badan, kekuatan lengan menarik, kecepatan memukul, lingkar lengan ekstensi dan fleksi, panjang lengan, tebal lipatan kulit bisep dan trisep, dan waktu reaksi sebagai data awal (pretest). Pada akhir periode latihan dilakukan kembali pengukuran variable-variabel tersebut sebagai data akhir (posttest) kecuali panjang lengan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TKO 07-01 Sla p
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Magister Ilmu Kesehatan Olahraga
Creators:
CreatorsNIM
Slamet, -NIM099813202M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIED-, --
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:45
Last Modified: 04 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item