Pengaruh Pemberian Kulit Buah Pisang Sebagai pengganti Sebagian Hijauan Dalam Ransum Terhadap Berat Badan. Dan Konversi Pakan Pada Kelinci Lepas Sapih

Dewi Dyah Kurniawati, - (1996) Pengaruh Pemberian Kulit Buah Pisang Sebagai pengganti Sebagian Hijauan Dalam Ransum Terhadap Berat Badan. Dan Konversi Pakan Pada Kelinci Lepas Sapih. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Dewi Dyah Kurniawati_Pengaruh Pemberian Kulit Buah Pisang_FKH_1996_compressed.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kulit buah pisang kepok sebagai pengganti Sebagian rumput lapangan terhadap berat badan dan konversi pakan kelinci lepas sapih. Penelitian ini menggunakan 20 ekor kelinci lokal jantan lepas sapih dengan berat badan awal antara 650 - 750 gram. Perlakuan yang diberikan berupa empat macam ransum yang berbeda, meliputi: 100% rumput lapangan (P0 ) ; 75% rumput lapangan dan 25% kulit buah pisang Kopok segar (Pl); 50% rumput lapangan dan 50% kulit buah pisang Kepok segar (P2); 25% rumput lapangan dan 75% kulit buah pisang Kepok segar (P3) . Setiap kelinci diberi pakan konsentrat yang diberikan sebanyak 50 gram/ ekor/ hari, sedangkan air minum diberikan secara ad libitum. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap. Analisis data yang digunakan adalah uji F dan dan apabila ada perbedaan yang nyata dengan kelompok kontrol maka dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian rumput lapangan dengan kulit buah pisang kepok segar dengan berbagai tingkat ( 25, 50 dan 75 persen dari total rumput lapangan yang dibe rikan) tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap pertambahan berat badan dan konversi pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan pangan konversi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Dyah Kurniawati, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNgk. Made R. Widjaja, --
ContributorDady S. Nazar, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:45
Last Modified: 04 Apr 2023 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121969
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item