Penanganan Gastritis Akut Sindrom Stagnasi Qi Hati Menggunakan Titik Zhongwan (CV 12), Ganshu (BL 18), Neiguan (PC 6), Taichong (LR 3) Komplementer Dengan Pemberian Seduhan Simplisia Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra L.)

Nur Komariyah (2014) Penanganan Gastritis Akut Sindrom Stagnasi Qi Hati Menggunakan Titik Zhongwan (CV 12), Ganshu (BL 18), Neiguan (PC 6), Taichong (LR 3) Komplementer Dengan Pemberian Seduhan Simplisia Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra L.). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
NUR KOMARIYAH 011104026.pdf

Download (25MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Gastritis akut merupakan inflamasi yang terjadi pada mukosa lambung pada tahap awal (belum menjadi kronis). Penyebab gastritis akut karena sering terlambat makan, jumlah porsi makan yang sedikit (tidak normal) dan stress, sehingga produksi HCL dilambung meningkat menyebabkan korosif pada dinding lambung. Gejala ditandai dengan rasa penuh pada perut, nyeri perut pada bagian atas, mual, muntah dan sendawa. Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine), gastritis artinya Tong Wei Wan (nyeri epigastrium) dan Zhong Pi (sensasi penuh dalam epigastrium). Gastritis akut ini disebabkan oleh Sindrom stagnasi Qi hati. Akibat serangan dari patogen dingin, asupan makan tidak tepat dan depresi emosional. Gastritis sindrom stagnasi Qi dapat diterapi akupunktur pada titik Zhongwan (CV 12), Ganshu (BL 18), Neiguan (PC 6) dan Taichong (LR 3) komplementer dengan seduhan herbal akar manis (Glycyrrhiza glabra). Akupunktur dapat dilakukan prinsip terapi melancarkan Qi hati yang stagnasi dan meregulasi lambung. Terapi akupunktur dilakukan 3 seri terapi, masing-masing dilakukan 4 kali terapi. Herbal yang digunakan adalah seduhan akar manis (Glycyrrhiza glabra) dengan dosis 5 gram dan air 187,5 ml diminum satu hari sekali. Akar manis mengandung senyawa aktif seperti glycyrrhizin dan glycoside yang berfungsi sebagai gastroprotektor. Hasil perawatan membuktikan terdapat perubahan gejala dan mengalami kesembuhan yang dialami pasien, rasa mual, muntah dan sendawa sudah sembuh, serta rasa nyeri perut bagian atas mulai berkurang. Berdasarkan urian diatas, dapat disimpulkan bahwa terapi akupunktur pada titik Zhongwan (CV 12), Ganshu (BL 18), Neiguan (PC 6) dan Taichong (LR 3) komplementer dengan seduhan herbal akar manis (Glycyrrhiza glabra) dapat membantu penyembuhan gastritis akut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: gastritis akut, titik zhongwan (CV 12), gnshu (BL 18), neiguan (PC 6), taichong (LR 3) dan glycyrrhiza glabra
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
Nur KomariyahNIM011104026
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorWurlinaNIDN-
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:10
Last Modified: 05 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item