PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT TERNDAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR MANI KAMBING KACANG

RINI MUJIASIH, - (1994) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT TERNDAP KUALITAS DAN KUANTITAS AIR MANI KAMBING KACANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
RINI MUJIASIH (FKH) 1994_.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh pemberian pakan konsentrat dalam ransum harian dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas air mani kambing lokal. Hewan percobaan yang dipakai dalam penelitian ini adalah enam ekor kambing jantan lokal dengan umur satu setengah sampai dua tahun. Pada penelitian ini hewan percobaan dibagi secara acak dalam dua kelompok yaitu masing masing tiga ekor pada kelompok perlakuan dan tiga ekor pada kelompok kontrol. Pada kelompok perlakuan selain diberi pakan rumput juga diberikan pakan tambahan berupa konsentrat sebanyak 1/2 kg per hari per ekor dan kelompok kontrol hanya diberikan pakan berupa rumput Baja. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap. Data yang diperoleh ditabulasikan dan dianalisa dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan tambahan berupa konsentrat dapat meningkatkan konsentrasi sel mani, menurunkan jumlah sel mani yang abnormal dan meningkatkan jumlah sel mani hidup dan angka resistensi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian konsentrat berpengaruh pada peningkatan kualitas dan kuantitas air mani yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: PAKAN, KONSENTRAST, AIR MANI, KAMBING
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
RINI MUJIASIH, -NIM068711349
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSoehartojo, --
ContributorHusni Anwar, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:59
Last Modified: 04 Apr 2023 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item