Pengaruh Pemberian Ekstrak Umbi Gembili (Dioscorea esculenta (Lour) Burk) Pada Umur Yang Berbeda Terhadap Bera T Dan Gambaran Histologi Testis Mencit Jantan

Marwanto (1989) Pengaruh Pemberian Ekstrak Umbi Gembili (Dioscorea esculenta (Lour) Burk) Pada Umur Yang Berbeda Terhadap Bera T Dan Gambaran Histologi Testis Mencit Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
MARWANTO 2000_compressed.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak umbi gembili (Dioscorea esculenta (Lour} Burk) secara oral terhadap berat dan gambaran histologi testis mencit. Penelitian ini menggunakan 24 ekor mencit jantan yang berumur 21 hari (belum dewasa kelamin) dengan berat badan sekitar 18-20 gram. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat kelompok perlakuan dan enam ulangan. Data dianalisis dengan menggunakan Analisa Varians (ANAVA) yang dilanjutkan dengan Uji 8eda Nyata T erkecil. Em pat kelompok per1akuan terse but adalah: pemberian air PDAM secara ad libitum sebagai Kontrol (K), ekstrak umbi gembili dengan dosis 3,3 mg/g 88 yang disuspensikan ke dalam 0,2 m! akuades diberikan secara oral dengan menggunakan sonde pada umur 21 hari sampai umur 35 hari (belum dewasa kelamin) sebagai kelompok Perlakuan 1, umur 35 hari sampai 70 hari (umur dewasa kelamin) sebagai kelompok Per1akuan 2, dan umur 21 hari sampai umur 70 hari sebagai kelompok Perlakuan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak umbi gembili pada mencit jantan tidak mempengaruhi berat testis (p>0,05), tetapi secara nyata (p<0,01) menurunkan jumlah sel spermatogonia, spermatosit primer, spermatid, dan spermatozoa pada kelompok Perlakuan 2 dan kelompok Perlakuan 3 bila dibandingkan dengan kelompok Kontrol dan kelompok Perlakuan 1. Kelompok Kontrol dengan kelompok Perlakuan 1 dan kelompok Perlakuan 2 dengan kelompok Per1akuan 3 masing-masing tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Umbi Gembili (Dioscorea esculenta (Lour) Burk)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
MarwantoNIM069412090
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulistianingwati G.UNSPECIFIED
Thesis advisorDesianto B. UtomoUNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:44
Last Modified: 05 Apr 2023 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item