Pengaruh Suplementasi Isi Rumen Sapi terhadap Daya Cerna Protein dan Bahan Kering pada Ayam Jantan Tipe Petelur

Tjahjo Purnomo (1988) Pengaruh Suplementasi Isi Rumen Sapi terhadap Daya Cerna Protein dan Bahan Kering pada Ayam Jantan Tipe Petelur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK_TJAHJO PURNOMO_compressed.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Surabaya hampir dua bulan, mulai tanggal 3 April 1987 sampai tanggal 23 Mei 1987. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suplementasi isi rumen sapi terhadap daya cerna protein dan bahan kering pada ayam jantan tipe petelur. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai informasi penggunaan isi rumen sapi dalam ransum ayam. Materi penelitian yang digunakan adalah sejumlah 15 ekor ayam jantan tipe petelur strain super Harco (produksi PT. Charoen Pokphand) umur 8 minggu dengan berat badan rata-rata 977,7±103,7 gram. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap {Completely Randomized Design) dengan 3 macam perlakuan dan 5 ulangan . Secara acak tiap ekor ayam ditempatkan dalam satu kandang individual yang berlantai dan berdinding kawat dengan ukuran 25x45x50 cm. Adapun ransum perlakuan yang dicobakan yaitu : ransum P1 (kontrol atau tanpa isi rumen sapi), ransum p2(penggunaan isi rumen sapi 5 persen dalam ransum) dan ransum P3 (penggunaan isi rumen sapi 10 persen dalam ransum). Parameter yang di amati adalah daya cerna protein dan bahan kering serta konsumsi pakannya. Berdasarkan hasil analisis statistik, yaitu dengan sidik ragam diperoleh bahwa tingkat penggunaan isi rumen sapi dalam ransum ayam jantan tipe petelur tidak memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap daya cerna protein dan buhan kering serta konsumsi pakannya . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat penggunaan isi rumen sapi yang disuplementasikan dalam ransum ayam jantan tipe petelur ternyata tidak memberikan perbedaan pengaruh yang nyata ( P>0, 05) terhadap daya cerna protein dan bahan kering serta konsumsi pakannya. Sebagai usaha untuk mengurangi persaingan pemakaian bahan pakan dan pemanfaatan limbah buangan dari suatu rumah potong hewan disarankan untuk menggunakan isi rumen sapi sampai 10 persen yang di suplementasikan dalam ransum ayam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK_Tjahjo Purnomo
Uncontrolled Keywords: Suplementasi, isi, ransum. ayam jantan, cerna, protein, petelur
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Tjahjo PurnomoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:55
Last Modified: 05 Apr 2023 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122161
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item