Isolasi Dan Identifikasi Leptospira Dari Air Sumber Dan Kolam-Kolam Kebun Binatang Surabaya Serta Percobaan Secara Laboratoris Bromoquad 50 Dan Calsium Hidroksida Sebagai Pemberantas

Johnson Purwadi, - (1984) Isolasi Dan Identifikasi Leptospira Dari Air Sumber Dan Kolam-Kolam Kebun Binatang Surabaya Serta Percobaan Secara Laboratoris Bromoquad 50 Dan Calsium Hidroksida Sebagai Pemberantas. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
Johnson Purwadi NIM067710171.pdf

Download (14MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Leptospirosis adalah penyakit pada hewan dan manusia,akibat infeksi oleh kuman Spirochaeta dari Genus Leptospira yang patogen.Infeksi Leptospira dapat bersifat subklinik atau demam ringan dan dapat menyebabkan keguguran pada hewan bunting , sampai hepatitis atau nephritis yang berat. Kematian disebabkan kerusakan pada hati atau ginjal. Leptospirosis mempunyai arti penting di bidang k~sehatan masyarakat dan hewan. Leptospira dapat hidup dalam lumpur· dengan pH sedikit alkalis. Kolam - kolam di Kebun Binatang Surabaya banyak terdiri dari kolam yang tidak berdinding dan dasar semen,sehingga penulis menduga terdapat ku~an Leptospira kolam - kolam tersebut. Padatnya binatang didalam didalam Randang dapat mempercepat penularan dan menyebabkan sakit atau ~kematian Penulis mencoba mengisolasi Leptospira dari air dan kolam - kolam di Kebun Binatang Surabaya,dengan sumber jalan melihat dibawah mikroskop medan gelap. Bila terdapat · bentuk dan pergerakan Leptospira,kemudian dipupuk pada medium Kor .thof. :bengan hewan percobaah dan uji biokimiawi untuk membedakan apakah Leptospira tersebut patogen. Setelah diidentifikasi ternyata semua air sumber dan ko - lam - kolam mengandung Leptospira. Pada pef:lleriksaan --,_ pasca mati dari hewan percobaan yang mati dan uji urease didup;n Leptospira tersebut bersifat patogen. Disinfektan mungkin dapat digunakan untuk mematikan Leptospira yang terdapat dalam air sumber dan kolam - kolam di Kebun Binatang Surabaya. Bromoquad 50 yang mengandung Didecyl Dimethyl Ammonium Bromide,bekerja dengan merusak protein dan oksidator. Kemudian Bromoquad 50 dibandingkan dengan larutan Calsium hidroksida ( 3 graa per liter aquadeet ),sebagai disinfektan dapat menyebabkan keruaakan protein kumUntuk mengetuhui daya kerja disinfektan terhadap Lepto - epira dipelajari eecara laboratoria. Pada penggunaan Bromoquad 50 ternyata dengan dosie 2000 ppm dapat mematikan leptospira dalam .5 menit,larutan Calsium hidroksida ( 3 gram per liter aquadest ) tidak . ·dapat mematikan Leptospira.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Leptospira; Air Sumber; Kolam-Kolam Kebun Binatang Surabaya
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Johnson Purwadi, -NIM067710171
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoebarkah, -NIDN-
Thesis advisorMidian Naibaho, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:20
Last Modified: 05 Apr 2023 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item