Pengaruh Pemberian Kombinasi LH Dan Vitamin E Terhadap Derajat Birahi Dan Siklus Birahi Pada Sapi Betina (Frisian Holstein)

Edy Susanto (1984) Pengaruh Pemberian Kombinasi LH Dan Vitamin E Terhadap Derajat Birahi Dan Siklus Birahi Pada Sapi Betina (Frisian Holstein). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
SUSANTO EDY 1984.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian r er. era pengarizh pemberian kombinasi LH dan Vitamin E ( Prolan E ) terbadap derajat bi rahi dan siklus birahi serta lama face birahi pada napi be tiny ( Frisian frolbtein ) di HeoamAan Peet Kabupaten Mojo kerto. Hewan yang dipakai untuk percobaan Adaiah sapi.perah berumur 18-22 bulan sebanyak 30 ekor, dibagi menjadi -3 k2 1ompok percobaan yaitu 10 ekor untuk kelompok kontrol ( di suntik Nael fisiologis 3,5 ml intra muskuler ), 10 ekor la • gi untuk kelompok perlakuan I( disuntik Prolan 2P,5 ml intra muskuler ) dan 10 ekor yang lain untuk kelompok perla kuan II ( disuntik Prolan E 3,5 ml intra muskuler ). Haan penelitian mengenai derajat birahi, ditandai de ngan perobahan-perobahart pada alat kelamin luar dalam hal ini vulvanya ( banyaknya lendir yang keluar, kebengkakan vul va, kemerahan mukosa vulva ), menunjukkan bah pada perla kuan II memberikan derajat biralii yang iebih jelas dibanding kan kelornpok kontrol dan perlakuan I C p 0,n5 ), sedangkan kelompok perlakuan I, ternyata tidal begitu berbeda diban dingkan dengan kelompok kontrol dalam hal pengaruhnya pada perobahan-perobaban vulva pada waktu birahi. Demikian Pula mengenai siklus birabi dan lama face bt rahi, ditandai dengan perpendekan masa siklus birahi sebesar rata-rata 7,5 hari untuk kelcmpok perlakuan II dibanding kan dengan kelompok kontrol dan 5,2 hari untu;‹ kelompok per lakuan I dibandingkan dengan kelornpok kontrol. Sedangkan me ngenai lama fase birahi, ditan:-!Ai dengan perpanjangan lama fase birahi sebesar rata-rata 4,7 jam untuk kelompok perla kuan II dibandingkan dengan kelompok kontrol dare 3,2 jam un tuk kelompok perlakuan I dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Vitamin E, Siklus Birahi, Sapi Betina
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF191-275 Cattle
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Edy SusantoNIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoehartojo HardjopranjotoNIDN-
Thesis advisorI Nyoman PasekNIDN-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:02
Last Modified: 05 Apr 2023 06:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122210
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item