Jenis - Jenis Cacing Di Dalam Saluran Pencernaan Kambing Yang Dipotong Di Rumah Potong Henan Kabupaten Daerah Tingkat II Tuban

Andy Taufik Firmansyah, - (2023) Jenis - Jenis Cacing Di Dalam Saluran Pencernaan Kambing Yang Dipotong Di Rumah Potong Henan Kabupaten Daerah Tingkat II Tuban. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
ANDY TAUFIK FIRMANSYAH JENIS JENIS CACING DI DALAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis cacing yang terdapat didalam saluran pencernaan kambing. Dalam penelitian ini ingin dibuktikan adakah perbedaan antara kejadian infeksi cacing pada saluran pencernaan kambing jantan dan betina serta untuk menambah data tentang kejadian penyakit parasit cacing pada kam - bing yang dipotong di Rumah Potong Hewan. 34 contoh saluran pencernaan kambing meliputi rumen retikulum .omasum, abomasum, duodenum, jejenum,ileum,dan kolon. Masing-masing bagian tersebut dibuka dan isinya ditampung, kemudian dicuci dengan air sampai bersih dan air cucian ditampung dalam ember yang sama sampai volume menjadi 5000 mi, setelah itu diambil contoh sebanyak 500 ml dalam lima kali pengambilan, cairan tersebut ditambah formalin 10 % sebanyak 50 ml. Di laboratorium cairan tersebut disaring dengan saringan• teh kemudian hasil saringan disaring dengan saringan ukuran 125 p.m. Bagian yang tersaring baik pada penyaringan pertama maupun kedua ditumpahkan pada cawan petri yang berisi air lalu dile - takkan diatas kertas hitam, dan cacing yang terlihat diambil, dihitung jumlah cacing yang ditemukan dan kemudian diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya infeksi enam"ge¬nus cacing pada saluran pencernaan kambing jantan dan betina yaitu Trichuris sop (11,26 %), Bnhostomum spr) (32,36 %), Haemonchus spp (32,36 %), Oesophaoostomum $:7p (20,59 %), Moniezia SI= (8,82 %) dan IT.'aramohistomum sTDp (17,65 %). Hasil uji chi-kuadrat menunjukkan tidak ter-dapatnya perbedaan yang nyata ( p > 0,05 ) antara kejadi¬an infeksi cacing pada saluran pencernaan kambing jantan dan betina, baik secara keseluruhan, maupun menurut ma - sing-masing jenis cacing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Saluran pencernaan hewan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Andy Taufik Firmansyah, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRochimar, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:27
Last Modified: 05 Apr 2023 05:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122212
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item