Pengaruh Pemberian Virginiamisin Dan Levamisol Pada Ransum Basal Terhadap Berat Dan Perubahan Histologis Limpa Ayam Pedaging

Wahyu saptonohadi, - (1992) Pengaruh Pemberian Virginiamisin Dan Levamisol Pada Ransum Basal Terhadap Berat Dan Perubahan Histologis Limpa Ayam Pedaging. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
WAHYU SAPTONOHADI PENGARUG PEMBERIAN VIRGINIAMISIN_compressed.pdf

Download (13MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penga¬ruh virginiamisin dan levamisol serta kombinasi antara keduanya terhadap sistem kekebalan ayam, dengan melihat organ yang bertanggung jawab pada sistem kekebalan khu¬susnya limpa. Rancangan percobaan yang dipergunakan adalah RAK pola faktorial 2 x 4 terdiri dari 4 macam perlakuan, 4 kelompok ulangan dan 2 periode pemeriksaan. Dalam pene¬litian dipergunakan 32 ekor ayam pedaging tipe CP - 707. Ke empat perlakuan tersebut adalah PA(ransum basal, se¬bagai kontrol perlakuan), P basal asal + virginiami¬sin 20 ppm, untuk menguji efek imunosupresor), P2( ran-sum basal + levamisol 25 mg/kg BB, untuk menguji penga¬ruh imunostimulator), Pl(ransum basal + virginiamisin 20 ppm + levamisol 25 mg/kg BB, untuk mengetahui inte - raksi kedua obat itu). Parameter yang dipergunakan untuk mengetahui pe-ngaruh terhadap sistem kekebalan meliputi berat limpa yang dinyatakan dalan berat nisbinya (mg/100 gr BB) dan perubahan histologis limpa didasarkan pada penghitqngan populasi sel limfosit pada pulpa putih limpa (1 cm pa¬da okuler perbesaran total 1000 X). Hasil percobaan ini dapat disimpulkan : Virginia raisin pada dosis 20 ppm menyebabkan penekanan terhadap berat nisbi dan jumlah sel limfosit limpa secara nyata (P < 0,05). Levamisol pada dosi'8 25 mg/kg BB tidak me-nyebabkan peningkatan berat dan jumlah limfosit limpa yang nyata (P>0,05). Kombinasi virginiamisin dengan le vamisol menunjukkan interaksi dan menyebabkan berat nis bi limpa cenderung meningkat walaupun tidak nyata ( P > 0,05) dan jumlah sel limfosit yang meningkat secara nyata (P<0,05).Waktu pemeriksaan berpengaruh secara_sa ngat nyata (P4:0,01) terhadap berat nisbi limpa dan jum lah sel limfosit pada pulpa putih limpa ayam percobaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Virginiamisin ; Levamisol
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu saptonohadi, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTITI HARTATI, --
Thesis advisorMOH. MOENIF, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:42
Last Modified: 05 Apr 2023 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item