Hubungan Kinerja Kader Posyandu Dengan Tingkat Perkembangan Posyandu Balita Di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi

Dyah Sari Permata, - (2023) Hubungan Kinerja Kader Posyandu Dengan Tingkat Perkembangan Posyandu Balita Di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
Dyah Sari Permata_010730459B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja merupakan penampilan hasil kerja baik secara kuantitas maupun kualitas. Penilaian kinerja meliputi Quantity of work, Quality of work, Job knowledge, Creativeness, Cooperation, Dependability, Initiative, dan Personal qualitie. Kader kesehatan merupakan perwujudan peran serta aktif masyarakat dalam pelayanan terpadu, maka untuk memperoleh posyandu yang maksimal diperlukan kinerja kader yang baik. Penilaian tentang tingkat perkembangan posyandu meliputi pelembagaan posyandu dan pengelolaan posyandu. Penelitian ini dilakukan di desa Tawun kecamatan Kasreman kabupaten Ngawi pada bulan Januari 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan kinerja kader psoaydnu dengan tingkat perkembangan posyandu balita di desa Tawunkecamatan Kasreman kabupaten Ngawi. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Populasinya adalah kader posyandu dan jumlah sampel yang dipakai 27 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah quesioner dan observasi. Variabel independen yang diteliti adalah kinerja kader posyandu, sedangakan variabel dependen adalah tingkat perkembangan posyandu balita. Teknik analisa yang digunakan adalah uji korelasi Spearman Rho dengan tingkat kemaknaan p ≤ 0,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kinerja kader posyandu dengan tingkat perkembangan posyandu balita ini dapat dilihat dari uji korelasi yang telah dilakukan diperoleh tingkat kemaknaan p = 0,000. Kesimpulan hasil penelitian bahwa kinerja kader posyandu dapat meningkatkan tingkat perkembangan posyandu. Kinerja yang baik akan menghasilkan pelayanan kesehatan posyandu yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja kader posyandu, tingkat perkembangan posyandu balita
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dyah Sari Permata, -010730459B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEsti Yunitasari, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:57
Last Modified: 05 Apr 2023 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item