Perbedaan Efektivitas Metode Simulasi Dengan Demonstrasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Perawatan Payudara Pada Ibu Nifas : Penelitian Quasy Experimental

Kartika Utami Putri, - (2013) Perbedaan Efektivitas Metode Simulasi Dengan Demonstrasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Perawatan Payudara Pada Ibu Nifas : Penelitian Quasy Experimental. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Kartika Utami Putri_130915101.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perawatan payudara pada ibu nifas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi produksi ASI. Jika ibu nifas jarang melakukan perawatan payudara, banyak masalah yang mungkin timbul misalnya produksi ASI terbatas dan payudara meradang, akibatnya ibu nifas enggan untuk menyusui bayinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan efektivitas metode simulasi dengan demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan perawatan payudara pada ibu nifas. Penelitian ini menggunakan metode Quasy eksperiment dengan desain Non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di daerah Puskesmas Kalijudan Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 responden, 9 responden diberikan metode demonstrasi dan 9 responden diberikan metode simulasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemberian pendidikan kesehatan dengan demonstrasi dan simulasi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penegetahuan, sikap dan tindakan ibu nifas terhadap perawatan payudara. Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan ibu nifas dalam perawatan payudara dibandingkan metode demonstrasi. Hasil uji perbedaan terhadap posttest terhadap kedua kelompok menunjukkan bahwa nilai pengetahuan, sikap dan tindakan pada kelompok simulasi lebih tinggi dibandingkan metode demonstrasi. Metode demonstrasi maupun metode simulasi dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan perawatan payudara di daerah Puskesmas Kalijudan Surabaya, namun metode simulasi lebih efektif dibandingkan metode demonstrasi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang efektivitas metode simulasi terhadap peningkatan jumlah produksi ASI pada ibu nifas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: simulasi, demonstrasi, pengetahuan, sikap, tindakan, perawatan payudara
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG491-499 Diseases of the breast
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Kartika Utami Putri, -NIM130915101
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEsti Yunitasari, S.Kp.,M.KesNIDN0017067707
Thesis advisorTiyas Kusumaningrum, S.Kep.Ns.,M.KepNIDN0003078302
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 05 Apr 2023 09:41
Last Modified: 05 Apr 2023 09:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item