PENGARUH KADAR GLUKOSA DAN TOTAL PROTEIN SERUM DARAH TERHADAP FERTILITAS PADA SAPI PERAH

UNITA SARASWATI, - (1994) PENGARUH KADAR GLUKOSA DAN TOTAL PROTEIN SERUM DARAH TERHADAP FERTILITAS PADA SAPI PERAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
Rr TINITA SARASWATI (FKH) 1994_.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar glukosa dan total protein serum darah terhadap fertilitas pada sapi perah. Hewan percobaan yang dipakai dalam penelitian ini adalah 16 ekor sapi perah dewasa dengan umur dua sampai lima tahun. Pada penelitian ini masing-masing sapi perah diambil darahnya lima mililiter sebanyak tiga kali melalui vena jugularis. Pengambilan darah pertama dan kedua dilakukan sebelum gertak birahi dengan selang tujuh hari. Selanjutnya pengambilan darah ketiga dilakukan setelah gertak birahi yaitu pada saat sapi-sapi tersebut dalam keadaan birahi. Gertak birahi dilakukan dengan menggunakan PGF2 alfa nama dagang Glandin secara intramuskular dosis 25 miligram dengan pola penyuntikan dua kali (selang 11 hari). Sapi-sapi yang menunjukkan gejala birahi setelah diambil darahnya dilakukan inseminasi. Rancangan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data kadar glukosa dan total protein serum darah yang diperoleh dianalisis dengan uji t berpasangan, sedangkan hubungannya dengan kejadian bunting dan tidak bunting dianalisis dengan uji eksak fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan uji berpasangan diperoleh terdapat perbedaan yang sangat nyata (p < 0,01) kadar glukosa dan total protein serum darah sebelum birahi dan pada saat birahi. Analisis data dengan menggunakan uji eksak fisher diperoleh tidak terdapat perbedaan yang nyata (p > 0,05) kadar glukosa dan total protein serum darah antara kelompok yang bunting dan kelompok yang tidak buting. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kadar glukosa dan total protein serum darah pada saat birahi tidak berpengaruh terhadap fertilitas pada sapi perah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: glukosa, protein, serum darah, fertilisasi, sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
UNITA SARASWATI, -NIM089031716
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIsmudiono, --
ContributorEndang Suprihati, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:17
Last Modified: 06 Apr 2023 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122322
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item