EFEKTIFITAS PENOOUNAAN ALAT FIKSASI FOTO CALCANEUS AXIAL PADA PASIEN TRAUMA TERHADAP TlNGKAT KENYAMANAN DAN HASIL CITRA RADIOGRAFI DI INSTALASI RAWAT DARURAT (IRD) DAN PUSAT DIAGNOSTlK TERPADU (PDT) RSU DR.SOETOMO SURABAYA

Shinta Tri Oktavia and Ika Dewi Ayu Palupi and Muhammad Samsul Huda (2014) EFEKTIFITAS PENOOUNAAN ALAT FIKSASI FOTO CALCANEUS AXIAL PADA PASIEN TRAUMA TERHADAP TlNGKAT KENYAMANAN DAN HASIL CITRA RADIOGRAFI DI INSTALASI RAWAT DARURAT (IRD) DAN PUSAT DIAGNOSTlK TERPADU (PDT) RSU DR.SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULL TEXT)
Shinta Tri Oktavia.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Pada pasien dalam keadaan trauma, permintaan foto calcaneus axial dilakukan untuk melihat fraktur. Pada umumnya foto calcaneus axial dilakukan dengan posisi supine atau duduk di meja pemeriksaan dan ujung kaki ditarik ke arah cranial menggunakan kain oleh pasien atau keluarga pasien. Tube X-ray disudutkan 40 derajat ke arah cranial untuk mendapatkan foto calcaneus yang baik. Dalam penelitian ini dibuat suatu inovasi alat fIksasi untuk foto calcaneus axial yang bisa digunakan pada kondisi trauma sehingga gambar yang dihasilkan semakin baik, pasien merasa lebih nyaman, radiografer semakin mudah dalam pembuatan foto, dan radio log dapat memberikan diagnosa yang akurat. Alat fiksasi yang telah dibuat ini terbukti mampu menghasilkan gambaran yang lebih baik dan pasien lebih merasa nyaman. Hal ini terbukti dari pengujian data yang telah dilakukan berdasarkan hasil kuisioner yang diberikan kepada pasien dan radiolog. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil yang signifIkan dalam segi kenyamanan dan hasil citra radiografi. Alat fIksasi barn ini menunjukkan bahwa lebih efektif digunakan dalam pemeriksaan foto calcaneus axial dibandingkan dengan alat fIksasi lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: trauma, alat fiksasi, kenyamanan pasien, efektif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Shinta Tri Oktavia011103001
Ika Dewi Ayu Palupi011103011
Muhammad Samsul Huda011103030
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNita Koesmarsono WahidUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:52
Last Modified: 06 Apr 2023 01:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item