Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Ibu Postpartum dalam Perawatan Tali Pusat di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya

Pratiwi Dian H, - (2005) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Ibu Postpartum dalam Perawatan Tali Pusat di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT - PRATIWI D.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perawatan tali pusat adalah memberikan perawatan terhadap tali pusat pada bayi. Merupakan salah satu bentuk perawatan dasar pada bayi untuk mencegah timbulnya infeksi karena sebagai pintu masuk bagi kuman atau bakteri penyebab infeksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku ibu postpartum dalam perawatan tali pusat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra - eksperimen dalam satu kelompok (one group Pra - test post - test design) yang mengungkapkan sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subjek. Sampel diambil dari ibu post partum fisiologis yang berada diwilayah kerja puskesmas tanah kali kedinding surabaya dengan besar sampel sebanyak 12 responden. Pemilihan sampel dilakukan dengan Non probability sampling. Sebagai variabel independen adalah pendidikan kesehatan mengenai perawatan tali pusat dan variabel dependen adalah perilaku ibu postpartum dalam perawatan tali pusat. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikan p ~ 0.05. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik wilcoxon sign rank test ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku dengan kemaknaan p = 0.002. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku ibu postpartum dalam perawatan tali pusat di Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah responden yang lebih banyak disertai dengan kontrol terhadap variabel perancu lainnya termasuk variabel kontrol agar hasil penelitian lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesellatan, Perilaku dalam perawaum tali pusat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Pratiwi Dian H, -NIM010330668 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorYuni Sufyanti Arief, -NIDN0006067802
ContributorMira Trihartini, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:34
Last Modified: 06 Apr 2023 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item