Deteksi Tingkat Pencemaran Coliform dan Eschericia coli Pada Ikan Tongkol Segar Yang Beredar di Wilayah Kotamadia Surabaya

Rahadian Alex, - (1997) Deteksi Tingkat Pencemaran Coliform dan Eschericia coli Pada Ikan Tongkol Segar Yang Beredar di Wilayah Kotamadia Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
Rahadian Alex.pdf

Download (13MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran Coliform dan Eschericia coli pada ikan tongkol segar yang dijual di pasar wilayah Kotamadia Surabaya. Bahan penelitian yang digunakan adalah ikan tongkol segar yang dijual di beberapa padar Kotamadia Surbaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Barat, Surabaya Tengah dan Surbaya Timur. Masing-masing wilayah diwakili oleh dua pasar, dengan tiap pasar diambil tiga pasar. Jumlah seluruh sampel 30 ekor ikan tongkol segar. Untuk menghitung jumlah Coliform dan Eshericia coli pada tiap sampel, dibuat seri pengeceran 10¯¹, 10¯², 10¯³ dari tiap bahan dan ditanam pada media Mc.conkey Broth, hasil positif dilanjutkan pada media Eosin Methylen Blue agar kemudian ditanam pada larutan pepton 1% + reagen Kovach dan Simon Citrat Agar. Jumlah Coliform dihitung pada plate yang positif pada Eosin Methylen Blue Agar, sedangkan untuk Eschericia coli ditunjukkan dengan uji indol dan citrate yang disesuaikan dengan table Mc. Crady’s. Data dianalisa dengan sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan pembagian wilayah tidak terdapat perbedaan yang nyata pada kandungan Coliform dan Eschericia coli. Kandungan coliform dan Eschericia coli diwilayah Kotamadia Surabaya masih dibawah standar dari Keputusan Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan. Ikan tongkol tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Coliform dan Eschericia coli; Ikan Tongkol
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Rahadian Alex, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSusilohadi Widjayanto, -NIDN-
Thesis advisorIwan Willyanto, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:26
Last Modified: 06 Apr 2023 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122372
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item