Pengaruh Pemberian Perasan Kulit Singkong (Manihot esculenta crantz) Terhadap Jumlah Eritrosit Kadar Hemoglobin dan Packed Cell Volume Tikus Putih (Rattus norvegicus) Agus Pranoto Raharjo

Agus Pranoto Raharjo, - (1998) Pengaruh Pemberian Perasan Kulit Singkong (Manihot esculenta crantz) Terhadap Jumlah Eritrosit Kadar Hemoglobin dan Packed Cell Volume Tikus Putih (Rattus norvegicus) Agus Pranoto Raharjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
Agus Pranoto Raharjo.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perasan kulit singkong pada berbagai dosis terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan Packed Cell Volume (PCV) tikus putih (Rattus novegicus) jantan. Hewan percobaan terdiri dari 25 ekor tikus putih jantan dengan berat rata-rata 2·00 gram dengan kondisi tubuh baik dan sehat. Dua puluh lima ekor tikus putih tersebut secara acak dibagi da.lam lima kelompok perlakuan yang masing masing terdiri dari lima ulangan untuk diberi perlakuan. Setelah seminggu diadaptasikan hewan percobaan diberi perasan kulit singkong secara oral (stomac tube) sebanyak: 0 ml (PO)~ 1,06 ml (PI)~ 1,32 ml {P2)~ 1,59 ml (P3) dan 1,86 ml (P4) perasan kulit singkong. Setelah lima minggu diambil sampel darah dari masing-masing tikus secara intrakardial untuk dilakukan test jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan sidik ragam dan hila terdapat perbedaaan, dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian setelah dilakukan analisis statistik menunjukkan perbedaan yang nyata pengaruh perasan kulit singkong terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV. Dari analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian pera.san kulit singkong pada berbagai dosis dapat menurunkan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kulit Singkong (Manihot esculenta crantz); Eritrosit Kadar Hemoglobin; Packed Cell Volume ; Tikus Putih (Rattus norvegicus)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Agus Pranoto Raharjo, -NIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriani Karjanto, -NIDN-
Thesis advisorEka Pramyrtha H, -NIDN0016036406
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:46
Last Modified: 06 Apr 2023 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122379
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item