Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Seksual Remaja Di SMA PGRI 3 Surabaya : Penelitian Pra-Experimental (One-group pra-post test design)

Beatrix Meme Laot (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Seksual Remaja Di SMA PGRI 3 Surabaya : Penelitian Pra-Experimental (One-group pra-post test design). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Beatrix Meme Laot_130915104.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku seksual remaja yang tidak tepat, dapat menimbulkan beberapa masalah.Kehamilan yang tidak diinginkan (KTD), penyakit menular seksual (PMS), dan putus sekolah merupakan masalah yang terjadi karena perilaku seksual menyimpang.Pengatahuan dan sikap remaja yang baik dapat membentuk perilaku seksual yang sesuai.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap seksual remaja. Penelitian ini menggunakan pra-experimental (One-group pra-post test) design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive samplingmenghasilkan 28 responden. Variabel independen adalahpendidikan kesehatan. Variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap tentang perilaku seksual remaja. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat signifikasi p≤0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan (p=0,005) dan sikap (p=0,000) remaja tentang perilaku seksual. Semakin banyak informasi yang diperoleh dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja. Pengetahuan dan sikap remaja yang baik akan menyebabkan tidak terjadi perilaku seksual yang menyimpang pada remaja. Penelitian ini menyimpulkan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seksual. Bagi peneliti selanjutnya mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh peran orang tua terhadap perilaku seksual remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, perilaku seksual, remaja.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Beatrix Meme LaotNIM130915104
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRizki Fitryasari P.KNIDN0011028002
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 07 Apr 2023 04:44
Last Modified: 07 Apr 2023 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item