Pengaruh Tanaman Anting-Anting (Acalypha Indica L) Terhadap Gambaran Histopatologi Sekum Ayam Yang Diinfeksi Koksidiosis

Wahyuni, - (2000) Pengaruh Tanaman Anting-Anting (Acalypha Indica L) Terhadap Gambaran Histopatologi Sekum Ayam Yang Diinfeksi Koksidiosis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Wahyuni_069512210_Pengaruh Tanaman Anting-Anting_FKH_2000_compressed.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat tanaman Anting-anting (Acalypha indica L.) untuk pengobatan penyakit berak darah (koksidiosis) pada ayam yang disebabkan oleh Eimeria tenella ditinjau dari skor perlukaan dan histopatologi sekum. Sejumlah 24 ekor ayam berumur 3 minggu dipersiapkan untuk dipakai dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Keempat perlakuan diinfeksi dengan 5000 ookista Eimeria tenella. Pengobatan dilakukan sekali sehari selama tujuh hari secara peroral 24 jam setelah infeksi. Data skor perlukaan dan histopatologi sekum diuji dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (p0,05) secara analisis statistik antara perlakuan terapi dengan sediaan perasan (P1), infusa (P2), dan ekstrak (P3) dibandingkan dengan perlakuan kontrol (P0). Sedangkan diantara perlakuan terapi didapat perbedaan efektivitas dimana sediaan perasan (P1) dan ekstrak (P3) lebih efektif dibanding sediaan infusa (P2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Anting-Anting (Acalypha Indica L); Histopatologi Sekum Ayam ; Koksidiosis
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Wahyuni, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFedik Abdul Rantam, --
Thesis advisorA. Sadik,, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:31
Last Modified: 07 Apr 2023 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item