Faktor-Faktor Penggunaan Fasilitas Kesehatan Bagi ODHA Di Ruang PIPI RSU Dr. Soetomo Surabaya

Welmin Tukayo, - (2005) Faktor-Faktor Penggunaan Fasilitas Kesehatan Bagi ODHA Di Ruang PIPI RSU Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
WELMIN TUKAYO 010330657 B_compressed.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Faktor-faktor penggunaan fasilitas pelayanan kesehatan bagi ODHA RSU Dr. Soetomo Surabaya yaitu faktor umur, pendidikan, penghasilan, biaya, sarana, SDM, kegiatan jarak dan alasan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ODHA berobat di RSU Dr. Soetomo Surabaya dan mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang mempengaruhi ODHA berobat di RSU Dr. Soetomo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah ODHA di Ruang PIPI Dr. Soetomo. Jumlah sampel 39 responden yang diambil dengan purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah variabel independen, yaitu faktor-faktor penggunaan fasilitas pelayanan kesehatan bagi ODHA di RSU Dr. Soetomo. Sampel dalam penelitian ini adalah ODHA yang berobat di RSU Dr. Soetomo. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif (rata-rata hitung (X), mean, modus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penggunaan fasilitas pelayanan kesehatan bagi ODHA berobat di RSU Dr. Soetomo, yaitu faktor sarana yang lengkap dengan prosentase 100%, faktor kegiatan berupa senam dan nutrisi tambahan bagi ODHA dengan prosentase 100%, faktor biaya dengan menggunakan JPS (74,36), faktor SDM jumlah dan kualitas dokter, perawat dan conselor cukup (100%) dan faktor alasan ODHA nyaman dan pelayanan berkualitas (76,92). Dan hasil penelitian di atas disarankan agar kualitas pelayanan kesehatan bagi ODHA harus dipertahankan dan terus ditingkatkan dan disarankan kepada tempat pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta lainnya agar mengikuti cara atau model pelayanan kesehatan bagi ODHA di RSU Dr. Soetomo Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Orang yang hidup dengan HIV/AIDS, pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Welmin Tukayo, -NIM010330667B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurwaningsih, --
Thesis advisorKhoridatul Bahiyah, --
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 07 Apr 2023 06:43
Last Modified: 07 Apr 2023 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122532
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item