Peningkatan aktivitas enzim hemiselulase dengan rekayasa protein untuk pengolahan biomassa berbasis lignoselulosa

Ni Nyoman Tri Puspaningsih, - and Eddy Bagus W, - and AA. Istri Ratnadewi, - and Ratna Melinda, - and M. Fanani, - (2012) Peningkatan aktivitas enzim hemiselulase dengan rekayasa protein untuk pengolahan biomassa berbasis lignoselulosa. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya.

[img] Text (FULLTEXT)
PENINGKATAN AKTIVITAS ENZIM HEMISELULASE DENGAN REKAYASA PROTEIN20221108_.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan Aktivitas Enzim Ilemiselulase dengan Rekayasa Protein untuk Pengolahan Biomassa Berbasis Lignoselulosa melalui pendanaan Hibah Tim Pascasarjana direncanakan berlangsung selama 3 tahun. Penelitian tahun kedua telah meluluskan 2 mahasiswa jenjang Magister dan melibatkan 2 mahasiswa jenjang Doktor. Selain itu telah pula menhasilkan 3 artikel untuk publikasi intemasional (submit) dan 1 naskah diseminarkan dalam seminar internasional (prosiding). Hasil penelitian tahun kedua menunjukkan bahwa (1). rekayasa protein melalui site directed mutagenesis terhadap enzim j3-D-xilosidase telah menghasilkan enzim varian yang mampu mengekspresikan enzim tersebut dan telah pula berhasil dikristalkan, (2). rekayasa protein melalui direct evolution terhadap enzim ct-L-arabinofuranosidase telah dianalisis secara biokimia dan in-silico , dan salah satu diantaranya menunjukkan karaktcrisasi pH dan suhu lebih tinggi dibandingkan wild type nya, (3). Pcluang aplikasi enzim arabinofuranosidase untuk terapi tubercolosis karena mampu menghidrolisis dinding sel berbasis arabinosa, dan (4). Gen putative exo-xilanase dalam pTP510 telah bcrhasil diisolasi dan disisipkan dalam pET-30b dan menunjukkan enzim xilosidase kedua. Hasil penelitian pada tahun kedua tersebut akan dilanjutkan pada tahun ketiga ini dengan mengabungkan dua gen unik xilosidase dalam sistem ekspresi scrta kelanjutan analisis kinetika reaksi hemiselulase variant.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP.59/13 Pus p
Uncontrolled Keywords: a-L-arabinofuranosidase (AbfA), mutation, biochemical properties protein tertiary structure model, non covalent interaction
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
Ni Nyoman Tri Puspaningsih, --
Eddy Bagus W, --
AA. Istri Ratnadewi, --
Ratna Melinda, --
M. Fanani, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 10 Apr 2023 00:59
Last Modified: 10 Apr 2023 00:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item