Hitung Jenis (Differential Count) Leukosit, Kadar SGPT Dan SGOT Darah Tikus Putih (Rattus norvegicus) Yang Diberi Ekstrak Umbi Gadung (Discorea hispida Dennsi)

Moh. Fachrur Rosi (1998) Hitung Jenis (Differential Count) Leukosit, Kadar SGPT Dan SGOT Darah Tikus Putih (Rattus norvegicus) Yang Diberi Ekstrak Umbi Gadung (Discorea hispida Dennsi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
MOH FACHTUR ROSI SAMPANG_compressed.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak umbi gadung yang diberikan secara per-oral pada tikus putih terhadap hitWlg jenis (Differential Count) leukosit, SGPT dan SGOT darah tikus putih. Sebanyak 20 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan digooakan dalam penelitian ini. Hewan coba tersebut dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan yang dilakukan secara acak. Masing-masing kelompok perlakuan terdiri atas 5 ekor tikus putih. Perlakuan terdiri atas P 0 dengan do sis 0 mg/kg BB, P 1 dengan dosis 2,5 mg/kg BB, P 2 dengan dosis 5 mg/kg BB dan P 3 dengan dosis 7,5 mg/kg BB. Perlakuan dilakukan setelah hewan coba telah diadaptasikan selama 15 hari yang diberi pakan dan min urn secara ad libitum dan diamati kesehatannya. Sampel darah diambil secara Intra Orbita dengan tabung mikrohematokrit, masing-masing pada jam ke-0 (T0), jam ke-3 (T1) dan jam ke-6 {T2). Penelitian ini menggunakan rancangan acak pola petak terbagi (Split-plot Design). Selanjutnya data dianalisis dengan analisis varians, hila terdapat perbedaan basil yang nyata maka dilanjutkan dengan uji BNT 5% . Hasil penelitian menWljukkan bahwa pada pemberian ekstrak umbi gadung memberikan peningkatan yang sangat nyata (P<0,05) pada eosinofil dan seg1uen neutrofil, tetapi menyebabkan penurunan yang nyata pada limfosit dan stab neutrofil, sedangkan basofil dan monosit tidak berbeda nyata (P>0,05). Kadar SGPT dan SGOT terjadi peningkatan yang sangat nyata (P < 0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discorea hispida Dennsi, Leukosit, SGPT Dan SGOT
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Moh. Fachrur RosiNIM069211897
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Zainal ArifinNIDN9990213583
Thesis advisorBudi UtomoNIDN9990000345
Depositing User: Novita
Date Deposited: 08 Apr 2023 16:10
Last Modified: 08 Apr 2023 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item