Pengaruh Pemberian Tepung Kulit Ari Biji Kedelai Dalam Ransum Komersial Terhadap Berat Karkas Dan Komponen Karkas Ayam Pedaging Jantan

Reny Bintari, - (1991) Pengaruh Pemberian Tepung Kulit Ari Biji Kedelai Dalam Ransum Komersial Terhadap Berat Karkas Dan Komponen Karkas Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
RNY BINTARI.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kulit ari biji kedelai dalam ransum terhadap berat karkas dan berat komponen karkas ayam pedaging. Dalam penelitian ini digunakan 100 ekor ayam pedaging jantan strain Arbor Acres CP 707 umur 14 hari yang dibagi secara acak dengan menggunakan metoda Rancangan Acak Lengkap 4x5 ulangan. Keempat perlakuan itu masing-masing adalah 0% (P 0 ), 2,5% (P 1 ), 5% (P 2 ) dan 7,5% (P 3 ) tepung kulit ari biji kedelai dari total ransum. Setelah hari ke 49 penelitian, ayam disembelih untuk diketahui berat karkas, berat daging, berat tulang, berat lemak, berat kulit dan imbangan antara daging dengan tulang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase pemberian tepung kulit ari biji kedelai lebih dari 2,5% dalam ransum akan diikuti dengan penurunan yang nyata dari berat hidup dan berat karkas, serta pemberian tepung kulit ari biji kedelai lebih dari 5% dalam ransum akan diikuti dengan penurunan yang nyata dari berat daging. Pemberian ·tepung kulit ari biji kedelai sampai tingkat 7,5% dalam ransum tidak berpengaruh terhadap berat tulang, berat lemak, berat kulit dan imbangan antara daging dengan tulang. Pemberian tepung kulit ari biji kedelai 2,5%-5% dalam ransum ayam pedaging adalah memungkinkan untuk dilakukan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kulit Ari, Biji Kedelai, Ransum Komersial, Berat Karkas, Ayam Pedaging Jantan
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL671-699 Birds
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Reny Bintari, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYvonne M. Indrawani, -NIDN
Thesis advisorSarmanu, -NIDN0007045203
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 08 Apr 2023 16:06
Last Modified: 08 Apr 2023 16:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item