Produksi equine chorionic gonadotropin (eCG) frozen dry dari serum kuda bunting lokal untuk peningkatan kebuntingan sapi Madura

Herry Agoes Hermadi, - and Laba Mahaputra, - Produksi equine chorionic gonadotropin (eCG) frozen dry dari serum kuda bunting lokal untuk peningkatan kebuntingan sapi Madura. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
PRODUKSI equine CHORIONIC GONADOTROPIN (eCG)20221108.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hormon Equine Chorionic Gonadotropin (eCG) yang didapatkan dari serum kuda bunting merupakan hormon non pituitary gonadotropin yang dapat digunakan sebagai somber hormon karena eCG mempunyai efek biologis seperti FSH dan sedikit LH. Pertimbangan lain karena mudah didapatkan di pasaran dengan harga lebih murah dari pada preparat gonadotropin seperti FSH dan LH (Restiadi. 1999). Penelitian ini akan melakukan Isolasi protein eCG dari serum kuda bunting dilakukan dengan ekstraksi dengan penambahan charcoal dalam ultra sentrifus 4°C dan dtambahkan etanol absolute 1 : 1 dan dimurnikan dengan teknik coloums chromatography CM Sephadex G-100. Identifikasi protein eCG menggunakan SDS-PAGE (Sodium Deodecyl Sulphate polyacrilamid gel electrophoresis) dan kemudian dibuat sediaan Frozen Dry kering beku. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka perlu ekstrak serum kuda bunting lokal yang diseparasi dengan sepahadex G-100 terhadap produksi Equine Chorionic Gonadotropin (eCG) Frozen Dry dari serum kuda bunting lokal untuk Meningkatkan Kebuntingan Sapi Madura Hingga 90% Separasi dengan sephadex G-100 dimaksudkan untuk mendapatkan kandungan hormon eCG dalam serum kuda. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka perlu ekstrak serum kuda bunting lokal yang diseparasi dengan sepahadex G-100 terhadap produksi Equine Chorionic Gonadotropin (eCG) kemudian dibentuk sediaan Frozen Dry atau kering beku yang siap diedarkan dan diaplikasikan untuk meningkatkan kebuntingan sapi Madura hingga 90% Separasi dengan sephadex G-100 dimaksudkan untuk mendapatkan kandungan hormon eCG dalam serum kuda bunting sehingga diharapkan dapat digunakan untuk peningkatan populasi sapi Madura di Indonesia.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP.58/13 Her p
Uncontrolled Keywords: Pregnant mares sera, eCG and frozen dry eCG.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Reproduksi Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Herry Agoes Hermadi, --
Laba Mahaputra, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:38
Last Modified: 10 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item