Pengaruh Brain Gym Modifikasi Terhadap Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental Di Slb-Bc Sasanti Wiyata Surabaya

Lely Indrawati Dwi Sagita, - (2014) Pengaruh Brain Gym Modifikasi Terhadap Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental Di Slb-Bc Sasanti Wiyata Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Lely Indrawati Dwi Sagita_131011075.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

1. Anak retardasi mental memiliki kemandirian perawatan diri dengan bantuan total dan bantuan sebagian pada kebersihan badan, eliminasi, makan dan minum, dan berpakaian sebelum terapi brain gym modifikasi. 2. Kemandirian perawatan diri anak retardasi mental sesudah diberikan terapi brain gym modifikasi pada kelompok kontrol memerlukan bantuan atau tidak terjadi perubahan sedangkan pada kelompok perlakuan mengalami perubahan menjadi mandiri dipengaruhi oleh faktor internal (fisik dan tingkat kecedasan anak), faktor eksternal (lingkungan sosial seperti keluarga dan lingkungan non sosial seperti sekolah, waktu belajar dan peralatan), dan faktor pendekatan belajar mencakup didalamnya metode dan strategi pembelajaran. 3. Terapi brain gym modifikasi meningkatkan kemandirian perawatan diri anak retardasi mental melalui proses optimalisasi fungsi kognitif (memori dan proses belajar) serta melatih koordinasi motorik anak retardasi mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: brain gym modification, self care independence, mentally retarded children
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Lely Indrawati Dwi Sagita, -NIM 131011075
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRizki Fitryasari, --
ContributorPraba Diyan Rachmawati, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:26
Last Modified: 10 Apr 2023 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item