Lely Indrawati Dwi Sagita, -
(2014)
Pengaruh Brain Gym Modifikasi Terhadap Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental Di Slb-Bc Sasanti Wiyata Surabaya.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
1. Anak retardasi mental memiliki kemandirian perawatan diri dengan bantuan total dan bantuan sebagian pada kebersihan badan, eliminasi, makan dan minum, dan berpakaian sebelum terapi brain gym modifikasi.
2. Kemandirian perawatan diri anak retardasi mental sesudah diberikan terapi brain gym modifikasi pada kelompok kontrol memerlukan bantuan atau tidak terjadi perubahan sedangkan pada kelompok perlakuan mengalami perubahan menjadi mandiri dipengaruhi oleh faktor internal (fisik dan tingkat kecedasan anak), faktor eksternal (lingkungan sosial seperti keluarga dan lingkungan non sosial seperti sekolah, waktu belajar dan peralatan), dan faktor pendekatan belajar mencakup didalamnya metode dan strategi pembelajaran.
3. Terapi brain gym modifikasi meningkatkan kemandirian perawatan diri anak retardasi mental melalui proses optimalisasi fungsi kognitif (memori dan proses belajar) serta melatih koordinasi motorik anak retardasi mental.
Actions (login required)
|
View Item |