SENYAWA FLAVONOID DAN ALKALOID DARI Saccopetalim horsfieldii Benn. SEBAGAI APOPTOSIS DAN HUBUNGAN STRUKTUR-AKTIVITAS ANTIKANKER

Mulyadi Tanjung, - and Alfinda Novi Kristanti and Nanik Siti Aminah, - (2008) SENYAWA FLAVONOID DAN ALKALOID DARI Saccopetalim horsfieldii Benn. SEBAGAI APOPTOSIS DAN HUBUNGAN STRUKTUR-AKTIVITAS ANTIKANKER. Laporan Penelitian. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
Senyawa Flavonoid dan Alkaloid dari Saccopetalim Benn.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker merupakan suatu yang menduduki peringkat atas penyebab kematian setelah penyakit jantung.. Senyawa taksol dan vinkristin merupakan senyawa alam yang banvak digunakan dalam terapi kanker saat ini tetapi mengingat persediaan tanaman rang memproduksi senyawa tersebut saneat terbatas maka perlu altematif dari tanaman yang lain. Saccopetalum horsfieldii Benn merupakan tanaman endemik Indonesia yang termasuk dalam famili Annonaceae. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada Annonaceae antara lain senyawa alkaloid, antrakuinon, flavonoid, asetogenin, dan minyak atsiri yang berpotensi sebagai antilcanker, antitumor, insektisida, antiradikal bebas, antioksidan dan antimikroba. (Hakim, 2001; Santos,2001; Wang, 2002). Penelitian terdahulu telah berhasil disolasi senyawa golongan terpen, steroid, lignan, flavonoid dan alkaloid dari kulit batane Saccopetalum horsfieldii Benn (Tanjung, 2005). Senyawa-senyawa golonean flavonoid dan alkaloid mempunyai aktivitas sebagai antiradikal bebas dan bersifat toksik terhadap Anemia sauna yang merupakan praskrining uji antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji senyawa flavonoid dan alkaloid yang terdapat pada kulit batang tumbuhan Saccopetalum horsfieldii Benn serta menentukan hubtm= antara struktur molekul senyawa-senyawa flavonoid dengan aktivitas biologinva terhadap sel murin leukemia P-388. Pemisahan dan pemurnian senyawa flavonoid menggunakan metodologi yang lazim dalam bidang kimia organik bahan alam yang meliputi ekstraksi, dan kromatografi. Penentuan struktur senyawa akan ditetapkan berdasarkan spektroskopi, yaitu ultraviolet, infiamerah dan resonansi magnit inti-. Pengujian sifat sitotoksik senyawa-senyawa flavonoid hasil isolasi dilakukan terhadap sel murin leukemia P-388 dengan menggunakan metode pewarnaan MTT assay.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: senyawa flavonoid, alkaloid , Saccopetalim horsfieldii Benn., apoptosis, antikanker
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
Mulyadi Tanjung, --
Alfinda Novi Kristanti-
Nanik Siti Aminah, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:00
Last Modified: 10 Apr 2023 04:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item